Published On: Wed, Oct 23rd, 2013

Bekerja Sesuai Tugas Dan Profesi Dilandasi Niat Yang Baik

Share This
Tags

sekda buka rapat kordinasi keprotokol di gran aston

sekda buka rapat kordinasi keprotokol di gran aston


Medan, Simantab.com – Peran protokol bukan sekadar pembawa acara atau petugas penerima tamu. Lebih dari itu tugas protokol sangat strategis karena dapat ikut meningkatkan pembentukan citra sebuah organisasi atau institusi. Dengan peran ini, protokol pada akhirnya identik dengan performa suatu instansi.

Demikian disampaikan Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho ST MSi melalui Sekdaprovsu H Nurdin Lubis SH MM saat membuka rapat koordinasi Keprotokolan di Hotel Grand Aston City Hall, Medan, Selasa (22/10).

Acara yang diprakarsai oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan berlangsung mulai 21 hingga 23 Oktober 2013 ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas tenaga protokoler di lingkungan Pemerintah Provinsi, Kabupaten/kota se-Sumateta Utara.

“Menjadi petugas protokol tidak hanya sekadar tahu mengatur tamu atau mempersilahkan tamu duduk atau penyambutan tamu saja, tetapi banyak hal yang harus diketahui, yang orang lain mungkin tidak tahu,” kata Sekdaprovsu.

Sering terjadi kalau acara yang dilaksanakan sukses biasanya petugas protokol dilupakan. Tapi kalau acara gagal maka protokol yang lebih dahulu jadi sasaran kemarahan karena dianggap gagal mengatur acara.”Namun itulah resiko pekerjaan selaku pejabat protokol,” ujarnya.

Selaku aparat pemerintahan daerah, lanjut Sekdaprovsu, staf-staf protokol harus menyadari bahwa protokoler tak bisa dianggap remeh bahkan sebaliknya memegang peran penting sukses tidaknya sebuah kegiatan yang dilaksanakan baik instansi pemerintah ataupun swasta. Protokol identik dengan wajah atau performa suatu institusi, bahkan protokol itu menjadi figur sentral pada setiap acara yang bersifat resmi maupun semi formal.

Upaya peningkatan kualitas dan kuatitas tenaga protokoler di lingkungan pemerintah provinsi Sumut serta kabupaten/ kota se-Sumut merupakan bagian penting yang harus mendapat perhatian bersama.

Sumut merupakan salah satu destinasi pariwisata internasional dan merupakan pusat akomodasi wisata yang seringkali dipercaya sebagai tempat penyelenggaraan MICE (Meeting Incentives Conference and Exhibitions).

“Oleh sebab itu diharapkan melalui rakor keprotokolan ini mampu meningkatkan kemampuan dan wawasan di bidang keprotokolan bagi aparatur dari berbahai instansi. Khususnya yang sering menyelenggarakan suatu acara atau upacara sehingga akan memudahkan koordinasi dalam penyelenggaraan suatu acara atau upacara,” harapnya.

“Untuk itu marilah kita bersama-sama menunaikan tugas dan profesi kita dengan dilandasi niat yang baik,” tutupnya.

Sementara itu, Deputi Komisioner OJK bidang Manajemen Strategis 1, Lucky Fathul Hadi Brata, menyampaikan bahwa pihaknya sebagai suatu lembaga negara yang memiliki peran strategis khususnya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat di seluruh Indonesia khususnya di Sumut. (Dofu)

Tentang Penulis

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>