Published On: Sat, Nov 2nd, 2013

Gunung Sinabung Kembali Meletus Abu Vulkanik Sampai Tiga Binanga

Share This
Tags

Gunug sinabung

Gunug sinabung


Tanah Karo simantab.com – Gunung Sinabung kembali meletus dan mengeluarkan debu vulkanik pukul 11.16 dan pukul 11.46 Wib, Jumat (1/11). Akibat arah angin yang telah berubah dari sebelumnya yang mengarah kearah Timur daerah Kecamatan Naman Teran , Kecamatan Merdeka dan Berastagi.

“Letusan kali ini mengarah mengikuti arah angin kearah Barat dan Barat Daya atau ke daerah Kecamatan Tiga Binanga, Munthe, Payung, Kuta Buluh dan Tiga Nderket. Dibandingkan dengan letusan kemarin, letusan kali ini tidak terlalu tinggi hanya berkisar antara 1.500 sampai 2.000 meter yang mengeluarkan debu vulkanik,” kata Kepala Pos Pemantau Atmosfier Global Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo, Jumat (1/11) di Desa Ndokum Siroga.

Dijelaskannya lagi, pada letusan yang terjadi dua kali dalam satu hari ini tidak ada menimbulkan kubah baru seperti yang terjadi beberapa waktu lalu yang menimbulkan kubah baru yang kelihatan jelas dari arah Danau Lau Kawar. “Untuk saat ini status gunung masih tetap waspada level II .Kepada masyarakat yang desanya terkena debu Vulkanik agar memakai masker diluar rumah saat melakukan kegiatan,” ujarnya.

Sebelum terjadi letusan ini pihaknya tidak ada memberitahukan kepada masyarakat. “ Letusan yang terjadi itu tidak dapat diprediksi, tugas kami bukan memberitahukan kepada masyarakat.Kami hanya menyampaikan rekomendasi kepada Pemerintah Kabupaten Karo setiap adanya aktivitas Gunung. Apabila masyarakat merasa kurang nyaman harusnya melaporkannya ke Pemda untuk segera diambil inisiatif,” katanya.

Sementara salah seorang warga yang desanya dihujani abu vuklanik mengatakan desa Susuk, Sukatendel, Tanjung Morawa semuanya tidak luput dari hujan debu yang mengakibatkan seluruh tanaman warga seperti Jagung seluruhnya sudah putih bagaikan tertutup salju.

“Dua hari yang lalu Desa Mardingding Kecamatan Tiganderket juga terjadi hujan batu dan pasir yang menutupi atap rumah penduduk. Hingga saat ini Pemerintah Kabupaten Karo belum ada datang melihat kenyataan yang dialami warga ,”kata Fajar.(anita)

Tentang Penulis

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>