Published On: Wed, Mar 20th, 2013
Sorot | oleh admin

Balon Bupati Ramai Mendaftar ke Parpol

Share This
Tags

Pilkada Taput Belum Jelas

Taput/dompak sihombing

MeskiPilkada Taput hingga kini belum jelas apakah dilaksanakan tahun ini atau di undur 2015, tidak mengurung niat para Bakal Calon (Balon) Bupati untuk tinggal diam atau hanya menunggu hasil keputusan Mendagri menurunkan Peraturan pengganti Undang-undang (Perpu) untuk pelaksanaan pesta demokrasi di daerah tersebut.
Namun justru semangat para Balon Bupati hingga saat ini tetap berkobar. Bahkan mereka tetap melakukan konsolidasi dan pengenalan diri masing-masing balon terhadap masyarakat Taput.
Disamping mengenalkan dirinnya terhadap masyarakat, para balon juga sudah ada yang mendaftar dan memberikan permohonan kepada partai politik di Taput untuk diusung parpol maju pada Pilkada di daerah tersebut.
Para Balon Bupati yang sudah mendaftar dan memberikan permohonan terhadap parpol di Taput, ke partai PPRN yang mendaftar Drs Sanggam Hutagalung, Bangkit Silaban SE, Ir Ottoniyer Simanjutak, dan dr Rikardo situmeang. Sementara ke partai PDI-Perjuangan yakni, Drs Nikson simanjutak, Partai PKB Drs Sanggam Hutagalung, Ir Marojahan Situmeang, dan Pinondang Simanjutak.
Salah seorang Balon Bupati yang enggan namannya disebutkan saat ditanya mengenai Pilkada apakah akan dilaksanakan tahun ini, dia menyebutkan pihaknya tetap optimis digelar 2013 ini. Dengan alasan Mendagri tetap akan mengeluarkan Peraturan Penganti Undang-Undang (Perpu), maka hal inilah yang membuat dirinya berani mendaftar ke parpol.
Sementara Ketua KPUD Taput, Lamtagon Manalu mengatakan, pihaknya saat ini masih melakukan konsultasi dengan Mendagri dan KPU Pusat menanyakan serta membahas terkait belum turunnya Perpu yang merupakan dasar hukum dan mekanisme pelaksanaan Pilkada periode 2014-2019.
“Untuk rencana Pilkada, sampai saat ini kita masih melakukan konsultasi dengan pihak KPU Pusat dan Mendagri menanyakan mengenai Perpu Pilkada yang belum turun,” ujar Lamtagon Manalu kepada Simantab, Selasa, (18/3).
Dia mengaku, Perpu tersebut merupakan hal penting, karena merupakan dasar hukum yang menjadi acuan KPUD Taput melaksanakan tahapan Pilkada.

“Artinya bila Perpu tersebut belum turun, KPU belum bisa melaksanakan tahapan Pilkada, walaupun sesuai rencana sudah waktunya dilaksanakan,”ujarnya.

Lamtagon mengatakan, bila mengikuti peraturan yang berlaku, harusnya tahapan sudah bisa dilakukan enam bulan sebelum berakhirnya masa jabatan kepala daerah. “ Tapi sampai saat ini kita belum bisa memulai tahapan, karena Perpu itu belum turun. Kondisi ini, menyulitkan KPU Taput melaksanakan Pilkada. Sementara bila diundur, maka akan terganggu mengingat akan dilaksanakan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 mendatang,” sebutnya
Dia juga mengatakan, meskipun sesuai dengan rencana sebelumnya Pilkada Taput akan digelar September 2013 mendatang, namun pihaknya belum bisa memastikan rencana tersebut sebab harus menunggu keputusan dari Mendagri dan KPU Pusat. Sebab hal itu yang akan menjadi acuan nantinya./

Tentang Penulis

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>