Published On: Thu, Mar 28th, 2013

Truk Dalmas Satpol PP Simalungun Terbalik, 4 Tewas, 6 Luka Luka

Share This
Tags

Simalungun Berduka

JR Beri Santunan Masing-Masing Rp 50 Juta
527726_2944190180366_895030425_n

Bupati Simalungun bersama pimpinan SKPD saat melayat di kediaman RA Girsang

Korban selamat, Putra Marbun saat dimintai keterangan oleh petugas

Camera 360

Camera 360
Serdang Bedagai/fhery nababan

Satu unit truk Pengendalian Massa (Dalmas) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Simalungun nopol BK 9385 T yang membawa 28 orang personil menabrak sepeda motor Yamaha Jupiter MX nopol BK 4696 NAG dikendarai Jenni Manalu (26) warga Batu X, Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) di Km 16-17 Dusun VIII, Desa Bantan, Rabu (27/3) sekitar pukul 08.30 Wib.
Akibat kejadian tersebut pengendara sepeda motor dan tiga orang anggota Satpol PP tewas ditempat, sedangkan enam orang mengalami luka-luka. Personil Satpol PP yang tewas, masing-masing RT Butarbutar (26) warga Sidamanik, RA Girsang (30) warga Jalan Asahan Km 8 Kecamatan Siantar, dan Arbeth Francis Batuara (23) warga Kecamatan Panei.
Para korban yang tewas dibawa ke RSUD dr H Kumpulan Pane Kota Tebingtinggi. Sedangkan anggota Satpol PP yang mengalami luka-luka sebagian dirawat di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) rumah sakit tersebut.
Menurut keterangan beberapa orang saksi dari personil Satpol PP Pemkab Simalungun saat mendapat perawatan medis di RSU Kumpulan, kejadian itu berawal ketika truk Dalmas Satpol PP Pemkab Simalungun melaju kencang dari arah Kota Tebingtinggi menuju Dolok Masihul. Sementara dari arah berlawanan muncul Jenni Manalu mengendarai sepeda motor yang juga melaju dengan kecepatan tinggi.
“Saat truk kami melaju kencang tiba-tiba datang sepeda motor dari arah depan mungkin karena jalannya tikungan sehingga supir berusaha menghindari tabrakan. Karena tidak bisa menghindar, akhirnya truk oleng setelah menghantam sepeda motor didepan. Truk masuk ke areal parit rawa-rawa”, ungkap Michael Tambunan.
Kasatpol PP Pemkab Simalungun, Drs M Silalahi saat dikonfirmasi wartawan mengatakan, rombongan Satpol PP pagi itu berangkat dari Kota Pematangsiantar sekitar pukul 06.00 Wib, dengan tujuan mengikuti apel gabungan dalam rangka upacara TNI Manunggal Masuk Desa di Kecamatan Negeri Dolok.
“Karena jalan yang ditempuh kurang baik bila dilalui kenderaan truk dari wilayah Simalungun, akhirnya rombongan Satpol PP mengambil jalan memutar dari daerah Dolok Masihul. Kita tidak menyangka akan terjadi musibah ini. Semoga keluarga yang ditinggalkan tetap sabar,” kata Silalahi.
Sementara Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM, yang menyempatkan diri mengunjungi para korban tewas dan luka-luka di RSUD Kumpulan Pane Tebingtinggi menyampaikan rasa duka cita yang sedalam-dalamnya atas peristiwa tragis tersebut. Kepada para korban musibah lakalantas, JR Saragih mengatakan akan menanggung semua biaya perawatan hingga sembuh.
“Kepada korban tewas akan diberikan santunan masing-masing sebesar Rp 50 juta. Sedangkan kepada korban luka-luka seluruh biaya perawatan akan ditanggung sepenuhnya oleh Pemkab Simalungun,” ujarnya.
Pihaknya juga telah bertemu dengan keluarga Jenny Manalu, pengedara sepeda motor yang tewas. JR Saragih berharap, kasus tersebut bisa diselesaikan secara kekeluargaan.
“Pemkab Simalungun meminta maaf kepada seluruh korban yang meninggal dunia. Kejadian ini tak disangka – sangka dan tidak disengaja,” jelasnya.
Kasat Lantas Polres Sergai AKP Hasan Basri yang dikonfirmasi mengatakan,
saat ini seluruh korban tewas dan luka-luka masih mendapat perawatan di RSU dr Kumpulan Pane Kota Tebingtinggi. Menurutnya. kejadian tersebut akibat kesalahan truk Dalmas yang tidak hati-hati, dan melaju kencang di tikungan,
“Saat ini kasusnya sudah kita tangani dan supir truk Dalmas diamankan berikut kedua kendaraannya untuk diproses lebih lanjut,” ucap Hasan.

_________________________________________________________________
Pukul 22.30 WIB, JR Melayat Jenazah RA Girsang
Ditempat terpisah, suasana duka juga tampak dikediaman RA Girsang di Jalan Asahan Batu 8, Kecamatan Siantar. Tampak semua keluarga menyambut jenazah RA Girsang penuh tangis dan histeris.
Selain itu, terlihat juga beberapa pengunjung dari lingkungan pimpinan SKPD ataupun DPRD Simalungun yang ikut larut dalam kesedihan. Diantaranya Kadis Koperasi, Kepala Dinas PSDA dan anggota DPRD, Sulaiman Sinaga.
Sementara pukul 22.30 WIB Bupati JR Saragih setelah dari Tebingtinggi melayat jenazah RA Girsang di Jalan Asahan Km 8 Kecamatan Siantar. Kedatangan JR Saragih disambut keluarga korban penuh dengan histeris sembari menyalami semua keluarga korban.
JR Saragih tampak tidak begitu lelah setelah semua keluarga korban dikunjungi demi untuk memberi penghiburan kepada para keluarga korban. Semua warga menyambut kedatangan JR walau sudah begitu larut malam.
__________________________________________________________________
Jenazah Arbert Batuara Disambut Tangisan Warga

Simalungun |paten purba

Suasana duka dan isak tangis mewarnai penyerahan jenazah personil Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Simalungun yang mengalami kecelakaan lalu lintas, di Km 16-17 Dusun VIII, Desa Bantan, Kecamatan Dolok Masihul, Rabu (27/3) sekitar pukul 08.30 Wib.
Salah satu korban yang tewas Arbeth F Batuara merupakan anak pertama dari Drs J Nainggolan dan Sondang boru Siahaan, AMKeb, yang beralanat di Huta Sawah 2 Kecamatan Panei Simalungun
Dalam acara penyerahaan jenazah korban, Bupati Simalungun, DR JR Saragih, SH, MM, langsung mengutus beberapa Kepala SKPD, diantaranya Kepala Bapedda Drs Wilson Manihuruk, Drs Jan Sardion Purba. Ir Jan Posman Purba, termasuk turut serta aggota DPRD Walpiden Tampubolon, ST, dan para anggota Satpol PP
Pada saat jenazah akan memasuki rumah duka, disambut dengan suara gemuruh tangisan warga sekampung atas kepergian korban. Acara penyerahan jenazah diisi juga dengan acara kebaktian singkat yang dipandu oleh rombongan Satpol PP Pemkab Simalungun.
JR Saragih dalam sambutannya, diwakili Drs Wilson Manihuruk menyampaikan, Rabu pagi (27/3) Arbeth diberangkatkan orang tua dengan baik untuk melaksanakan tugas. Tetapi dalam melaksanakan tugas Arbeth mengalami kecelakaan dan meninggal dunia, dimana semua kehendak Tuhan bukan manusia .
“Pemkab Simalungun turut berduka cita sedalam dalamnya atas kejadian ini. Mungkin keluarga belum menerima atas kejadian tersebut, tetapi ini adalah kehendak Tuhan agar menghadapinya,” sebut Wilson.
Dia juga mengatakan, pesan Bupati Simalungun pada kedua orang tua korban, agar nantinya acara pengebumian diberitahukan kapan dan jam berapa untuk diberitahukan kepada Pangulu Nagori. Selanjutnya, Pagulu yang menyampaikan kepada bupati .
Sementara Walpiden Tampubolon menyampaikan, DPRD Simalungun turut berduka atas kepergian korban, dan berharap juga kepada seluruh keluarga dapat menerimnya.
“Kita merencanakan Tuhan yang menentukan. Semoga dengan kejadian ini kita tabah menghadapi, dan semoga akan mendapat kehidupan yang lebih baik
Sementara itu, keluarga korban mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Simalungun, dan seluruh pegawai yang turut hadir pada penyerahan jenazah tersebut.
Hingga berita ini diterbitkan, belum diketahui informasi kapan acara pengebumian para korban.
Sementara itu, pasca kejadian kecelakaan yang menyebabkan beberapa anggota Satpol PP meninggal dunia, suasana perkantoran di Pematang Raya tampak sunyi senyap.

__________________________________________________________________
JR Langusng Tinggalkan Acara
Bupati Simalungun DR JR Saragih SH MM setelah mendengar berita kecelakaan angota Satpol PP itu langsung meninggalkan acara Manunggal TNI Masuk Desa yang dihadiri Pangdam I/Bukit Barisan itu demi untuk melihat korban yang tewas dam yang dirawat di RS Kumpulan Pane Tebingtinggi itu.
Rasa haru JR Saragih muncul setelah beliau melihat secara langsung kondisi jenazah dan para korban yang dirawat di rumah sakit itu sampai pukul 22.00 WIB. Bahkan waktu bupati untuk melihat semua kondisi begitu lama untuk menghibur para keluarga korban, sehingga tugas-tugas yang penting ditinggalkan demi untuk melihat kondisi para angggota Satpol PP tersebut.

Tentang Penulis

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>