Published On: Sat, Feb 23rd, 2013

Amri Tambunan Dinilai Paling Layak Pimpin Sumut

Share This
Tags

Siantar/red

Silverius Bangun

Silverius Bangun

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Kelompok Studi Ilmu Sosial (KesiS), jika Calon Gubernur Sumatera Utara (Cagubsu) periode 2013-2018, Drs H Amri Tambunan, dinilai nama yang paling layak untuk memimpin Sumut lima tahun kedepan. Dimana, Amri Tambunan yang berpasangan dengan Cawagubsu, DR RE Nainggolan, MM, (pasangan nomor urut 4) meraih 34 persen, dibandingkan Cagubsu lainnya. Sesuai survei itu, Bupati Deli Serdang tersebut menggalahkan Gatot Pujo Nugroho (posisi kedua) yang saat ini menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubsu, Gus Irawan Pasaribu (ketiga), Effendi Simbolon (keempat), dan Chairuman Harahap (kelima).

Sesuai hasil survei tersebut,  Amri Tambunan dinilai merupakan nama yang paling layak untuk menjadi Gubsu. Menurut Direktur Penelitian Pengembangan KesiS, Silverius Bangun, Rabu (20/2),  survei tersebut dilakukan di Kabupaten Simalungun dan Kota Pematangsiantar. Dimana yang menjadi basis lokasi survei adalah kecamatan yang ada di kedua daerah tersebut.

“Penentuan kecamatan yang dijadikan lokasi survey dilakukan secara purposive. Dengan harapan, pendapat responden di kecamatan tersebut bisa mewakili pendapat seluruh masyarakat Siantar Simalungun,” ujarnya. Menurut Silverius, untuk Kabupaten Simalungun, survei dilakukan di Kecamatan Purba, Tanah Jawa, dan Bandar. Sementara di Kota Pematangsiantar dilakukan di Kecamatan Siantar Timur, dan Siantar Martoba.

Sementara untuk pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan daftar pertanyaan yang dilakasanakan sejak tanggal 3-15 Februari 2013. Silverius menambahkan, untuk identitas responden, KesiS melakukannya berdasarkan umur, jenis kelamin, pekerjaan dan suku.  Berdasarkan umur, dilakukan untuk 17- 45 tahun sebanyak 33 persen, 36-54 mencapai 48 persen, dan diatas 55 tahun 19 persen.

Untuk jenis kelamin, melibatkan laki-laki sebanyak 55 persen, dan perempuan 45 persen. Sedangkan berdasarkan pekerjaan, yakni PNS atau karyawan swasta 15 persen, wiraswasta 58 persen, dan lain-lain sebanyak 27 persen. Untuk identitas responden berdasarkan kesukuan, yakni suku Jawa 35 persen, Toba  29 persen, Tapanuli Selatan (Tapsel) 19 persen, Simalungun 12 persen, dan lain-lain sebanyak 5 persen.

Dalam survei ini, ada tiga pertanyaan diajukan kepada para responden. Pertanyaan pertama, apakah para responden mengetahui pada 7 Maret 2013 akan dilaksanakan Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu), faktor yang mendasari untuk menentukan pilihan, dan terakhir dari kelima calon Gubernur yang sudah ditetapkan KPU, siapa yang paling layak menjadi Gubsu. “Berdasarkan keragaman responden dan tipologi masyarakat Sumatera Utara, hasil survei ini setidaknya bisa mencerminkan pendapat seluruh masyarakat Sumut,” papar Silverius mengakhiri.

Tentang Penulis

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>