Published On: Thu, May 16th, 2013
Anak | oleh admin

Penghapusan UN SD sejalan kurikulum baru

Share This
Tags

UN-SD
Semarang – Pakar dan konsultan pendidikan Munif Chatib menilai penghapusan ujian nasional sekolah dasar (UN SD) mulai 2014 sejalan dengan kurikulum baru yang akan diterapkan Juli 2013.

“Dengan penerapan kurikulum pendidikan yang baru, pelaksanaan UN menjadi tidak penting lagi. Harusnya bukan hanya UN SD yang dihapus, namun untuk seluruh jenjang,” katanya di Semarang, Kamis.

Munif mengungkapkan sangat mengapresiasi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 32/2013 tentang Perubahan Atas PP Nomor 19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yang salah satunya mengatur penghapusan UN SD.

“Saya sudah dengar itu. Ada PP baru, UN SD `bye-bye`. Pelaksanaan UN memang tidak sejalan dengan kurikulum baru yang tematik integratif. Kan tidak mungkin tematik integratif dievaluasi lewat UN,” katanya.

Ia menilai penerapan kurikulum baru sebenarnya menjadi jalan masuk untuk penghapusan UN seluruh jenjang pendidikan, sebab cara evaluasi pada kurikulum baru menggunakan pola “authentic assessment”.

Menurut dia, sistem evaluasi model `multiple choice` (pilihan ganda) sebagaimana UN tidak “nyambung” dengan kurikulum baru sehingga dirinya yakin nantinya UN SMP dan SMA sederajat juga akan dihapuskan

(antara)

Tentang Penulis

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>