Published On: Thu, May 23rd, 2013
Opini | oleh admin

Bupati Tobasa Minta SKPD Selesaikan Dokumen Lelang Kegiatan

Share This
Tags
Bupati Tobasa didampingi, Kepala Bappeda, Kepala Perindagkop, Camat Nassau, dan Kepala Desa Lumban Rau Timur

Bupati Tobasa didampingi, Kepala Bappeda, Kepala Perindagkop, Camat Nassau, dan Kepala Desa Lumban Rau Timur

Tobasa Simantab.co m – Bupati Toba Samosir (Tobasa) Pandapotan Kasmin Simanjuntak minta seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan pemerintah daerah secepatnya menyelesaikan dokumen lelang kegiatan, baik fisik dan non fisik di satuan kerja (satker) masing-masing.
Ini bertujuan supaya pembahasan Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (P- APBD) Tahun Anggaran (TA) 2013 yang direncanakan dilaksanakan Juli mendatang tidak terkendala.

“Saya minta seluruh Kepala SKPD supaya secepatnya menyelesaikan dokumen lelang kegiatan di satker masing-masing, sehingga pembahasan P-APBD 2013 yang direncanakan akan dimulai bulan Juli ini tidak terkendala,” tegas Kasmin Simanjuntak kepada Kepala Bappeda James Silaban, disela-sela kunjungannya baru-baru ini di Desa Sipagabu, Kecamatan Nassau.

Penegasan itu diungkapkan Kasmin, karena hingga saat ini baru dua SKPD yang menyelesaikan dokumen lelang kegiatannya, baik fisik dan non fisik. Kedua SKPD itu yaitu, Dinas Tata Ruang dan Permukiman, serta Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi

“Saya sudah tanya Ketua Unit Layanan Pengadaan (ULP) Tagor Siburian, katanya baru dua SKPD yang menyerahkan dokumen lelang kegiatan fisiknya untuk dilelang,” ucap Kasmin.

Selain Kepala Bappeda James Silaban, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Jonni Hutajulu , Camat Nassau Benny Siagian, serta Kepala Desa Lumban Rau Timur Bintara Lumbantoruan turut juga mendengar perintah lisan Bupati Tobasa tersebut.

“Jangan kalau dicopot jabatannya, merasa kesakitan. Tetapi ketika diberikan kepercayaan, untuk menyelesaikan dokumen lelangnya saja, hingga saat ini tak siap-siap. Coba dulu, bagaimana pembahasan bisa terlaksana tepat waktu kalau kinerja seperti itu,” katanya dengan nada kesal.

Dia juga menyampaikan, ada dua SKPD yang hanya mempunyai tiga dan enam proyek, namun hingga saat ini dokumen lelangnya tak selesai. “Bagaimana kalau jumlah proyeknya puluhan hingga ratusan, kapan lagi siapnya,” paparnya, dan menyebutkan di daerah itu banyak pejabat maunya dilantik jadi kepala dinas (kadis) atau tetap diberi kepercayaan menjabat, tapi tak pernah maksimal meningkatkan prestasi kerjanya.

Kasmin juga mengharapkan, wartawan sebagai mitra pemerintah lebih efektif menjalankan fungsi kontrol sosialnya terhadap para pejabat, dan memberikan kritik serta saran yang konstruktif. Sehingga para pejabat di daerah itu termotivasi meningkatkan kinerjanya guna mewujudkan pembangunan Tobasa yang lebih baik.

“Tanyakan para kepala bidang (kabid) dan kadis itu, sudah sejauh mana progres capaian kinerjanya, apa yang sudah dilakukan serta bagaimana hasilnya. Sehingga dengan demikian, mereka lebih giat lagi bekerja dan target pembangunan itu tercapai tepat waktu,” paparnya.

Editor :Rafael
Penuli:ery sibue

Tentang Penulis

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>