30
Mon, May
76 New Articles

Top Stories

Grid List

SIMANTAB.COM, Madina - Masyarakat Banjar Aur Utara kecamatan Sinunukan berharap kepada pemerintah Mandailing Natal agar segera membangun jalan sentra produksi pertanian.

Hal ini menurut warga sangat dibutuhkan masyarakat untuk melancarkan transportasi hasil pertanian.

Masyarakat menagih janji bupati Madina Drs Dahlan Hasan Nasution sewaktu kampanye dulu. Saat itu Bupati berjanji akan memperbaharui seluruh infrastuktur desa di wilayah Madina.

Pantauan simantab.com pada minggu 30/05/16 kondisinya memang sangat memperihatinkan, untuk mengeluarkan hasil pertanian berupa sawit harus membutuh biaya yang besar karena kondisi jalan sentra pertanian belum dibangun.

Pebri salah seorang masyarakat setempat kepada simantab.com mengaku mengeluh akibat jalan sentra pertanian yang belum dibangun

" Apalagi sekarang musim hujan, biaya yang dikeluarkan sangat besar" keluh nya. (kurni)

SIMANTAB.COM, Raya – Polisi akhirnya merilis identitas ke-8 orang anggota sindikat ‘Ninja’ Sawit yang ditangkap ketika beraksi di areal Kebun PTPN IV Marjandi, Senin (30/05/2016).  (Baca : Ninja Sawit di Kebun Marjani Bawa Senpi Mainan)

 

Enam dari delapan pelaku ini, sesuai daftar yang diperoleh dari polisi ternyata adalah warga Huta III, Nagori Maligas Tongah, Kecamatan Tanah Jawa.  Sedangkan dua pelaku lain, masing-masing beralamat di Kecamatan Medan Sunggal, dan Jalan Pdt J Wismar Saragih, Pematangsiantar. Ironisnya, dua dari delapan pelaku inbi masih berstatus pelajar. Satu di STM Persiapan Pematangsiantar, dan SMK Istikomah Tanah Jawa.

Sementara itu, mengenai kerugian yang diderita pihak perkebunan akibat aksi para tersangka ini, sesuai laporan Bin Harun Sormin (51), asisten Afdelin III, Kebun Marjandi, diperkirakan mencapai Rp11 juta. “Nilai kerugian yang dialamin perusahaan diperkirakan mencapai Rp11 juta. Jumlah ini merupakan taksiran nilai rupiah TBS yang berhasil dicuri para pelaku. Ini sesuai laporan dari pihak perkebunan,” kata polisi di SPKT Polres Simalungun, di Pamatangraya, malam ini.

Sedangkan ketika ditanya mengenai barang bukti, kata polisi, dalam kasus ini diamankan sejumlah barang bukti dari para pelaku. Antara lain; 1 unit sepedamotor BK 4458 AV, 1 unit truck colt diesel BK 8968 LW berisi 8 ton TBS, 2 egrek besi bergagang fiber, 1 buah korek api berbentuk pistol, 2 buah tas sandang, 2 unit Hp Samsung, 2 buah dompet berisi uang tunai Rp2, 340 ribu, dan sejumlah barang bukti lain seperti KTP, SIM, ATM. (Jerry)

Berikut identitas para pelaku :

1.      Uji Sanjaya Sinaga (20)

2.      Ivan panjaitan (21)

3.      Saleh Sinaga (43)

4.      Suhendra Sinaga (42)

5.      Amaran Silalahi (28)

6.       Simson Nainggolan (20)

7.      H S (16)  Pelakar STM Persiapan Pematangsiantar

8.      NP (16)  Pelajar SMK Istikomah Tanah Jawa

 

 

SIMANTAB.COM, Panei Tongah – Delapan orang pria, yang salah seorang diantaranya mengaku sebagai personil Polda Sumut nyaris menjadi sasaran amuk massa, yang sebelumnya memergoki aksi mereka mencuri kelapa sawit di areal PTPN IV Kebun Marjandi.

Insiden ini terjadi, Senin (30/05/2016) petang tadi sekitar pukul 14.30 WIB. Menurut informasi singkat yang diperoleh di lapangan, terbongkarnya aksi pencurian TBS yang dilakukan kawanan ini, berawal dari kecurigaan warga melihat 1 unit truck Colt Diesel mondar-mandir dari kawasan perkampungan, lalu masuk ke areal perkebunan.

“Warga sudah curiga duluan. Tapi, waktu dicek, warga diancam sama salah seorang pelaku dia memegang senjata api,” jelas seorang warga, usai penyergapan kawanan tersebut oleh personil Polres Simalungun.

Karena mencurigai adanya keterlibatan aparat, dikarenakan adanya seorang pelaku menggunakan senjata api, warga kemudian menghubungi pihak polres Simalungun. Tim propam Polres Simalungun, dipimpin Iptu Alwan yang tiba di lokasi beberapa saat berselang usai laporan warga, langsung melakukan penyergapan. Ke delapan orang pria itu pun menyerah tanpa perlawanan.

“Benar, ada seorang yang mengaku personil Poldasu. Namun, masih kita dalami kebenarannya. Yang bersangkutan membawa senjata api mainan,” jelas Kanit Propam di lokasi.

Meski lokasi kejadian itu berada di wilayah hukum Polsek Panei Tongah, polisi akhirnya memutuskan membawa ke delapan orang pria tersebut, berikut barang bukti TBS di dalam truck ke Polres Simalungun di Raya. Keputusan ini diambil polisi, dengan mempertimbangkan psikologis warga yang masih marah akibat insiden itu. “Mencegah amuk massa, maka, para pelaku dan barang bukti kita bawa ke Polres dan diserahkan ke Satreskrim untuk penanganannya,” jelas Kanit Propam. (Jerry)

 

SIMANTAB.COM, Sidamanik – Setelah dinyatakan hilang sejak 7 Mei lalu, Muali alias Timbul (60) akhirnya ditemukan. Ia ditemukan di sekitar Blok AT, PTPN IV Unit Bah Birong Ulu dalam kondisi sudah tidak bernyawa, Senin (30/05/2016) pukul 11.00 WIB.

Penemuan jasad Muali alias Timbul, sekaligus mengakhiri pencarian panjang yang telah dilakukan oleh keluarga almarhum. Menurut keterangan Parni (55), Erwin (33), masing-masing istri dan anak kandung almarhum, Muali menghilang dari kediaman mereka sejak 7 Mei lalu. Sebelumnya, almarhum yang telah pensiun sebagai karyawan di PTPN IV ini, diketahui sudah menderita kepikunan, yang membuatnya sering berjalan tanpa tujuan seorang diri.

Penemuan jasad Muali pun terbilang tidak disengaja. Sebagaimana keterangan diperoleh di lokasi, ini bermula dari kepergian salah seorang warga setempat, Atur Simanjuntak, mencari pohon keladi untuk dijadikan makanan ternak ke sekitar lokasi penemuan. “Ada warga bernama Atur Simanjuntak yang sedang mencari makanan ternak di sekitar lokasi. Waktu dia bekerja, tidak sengaja, ia mencium bau busuk, yang ternyata bersumber dari sesosok jasad manusia,” kata seorang personil Polsek Sidamanik menceritakan kronologis penemuan tersebut.

Oleh Atur, penemuan itu lantas dilaporkan kepada warga. Antara lain; Mak Suri br Gultom, yang kemudian meneruskan informasi tersebut kepada Frederik Simbolon. Adapun Frederik, usai menerima informasi tersebut, kemudian menghubungi pihak kepolisian, dan pihak keamanan kebun, lalu bersama rekannya Samuel Saragih, Herdianto Simbolon, dan Gemail Pandiangan mendatangi lokasi penemuan jenazah tersebut.

Di lokasi, warga bersama polisi, dan pihak keamanan kebun mengevakuasi jenazah almarhum yang tergeletak di dalam jurang dalam kondisi sudah membusuk.  Oleh keluarga almarhum, setelah dipastikan bahwa jasad tersebut adalah jasad Muali, kemudian diminta untuk dibawa ke rumah duka guna disemayamkan, dan langsung dikebumikan.

“Kita sudah coba sarankan untuk diotopsi. Namun, keluarga korban menolak. Mereka berkeyakinan bahwa korban meninggal karena sakit,” kata AKP Rohim Martin Gultom, Kapolsek Sidamanik ketika dikonfirmasi Simantab.com. (Jerry)

SIMANTAB.COM, Medan - Mantan Kepala Kesbangpollinmas Sumatera Utara dan Plt Walikota Pematangsiantar, Eddy Sopyan dituntut  6 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) di ruang Cakra I Pengadilan Tipikor Medan, Senin (30/5/2016).

Dikutip dari tribunnews, dalam amar putusannya, JPU  menyatakan terdakwa Eddy Sopyan telah melakukan perbuatan melawan hukum dengan melakukan korupsi secara bersama-sama.

"Menuntut terdakwa Eddy Syofian dengan pidana selama 6 tahun penjara dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan dan memerintahkan terdakwa agar tetap ditahan. Denda sebesar Rp 200 Juta subsider enam bulan kurungan," ungkapnya di hadapan majelis hakim Berlian Napitupulu.

Selain itu, terdakwa juga dibebankan membayar Uang Pengganti (UP) sebesar Rp 1,1 Miliar. Jika tidak sanggup membayar, harta benda Eddy Syofian akan disita dan jika tidak mencukupi akan digantikan pidana penjara selama dua tahun.

Dalam kasus ini, JPU menjerat terdakwa Eddy Syofian dengan Pasal 2 jo Pasal 18 UU RI No 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU RI No 20 Tahun 2001 jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana. (SN-08)

SIMANTAB.COM, Binjai – Kebakaran hebat terjadi di Jalan MT Haryono, Kel. Damai, Kec. Binjai Utara, Kota Binjai, Minggu (29/5) sekira pukul 23.30, malam ini. Sirine mobil PBK (Pemadam Bahaya Kebakaran) milik BPBD Kota Binjai meraung-raung memecah kesunyian malam. Total ada 5 mobil PBK dikerahkan menuju ke lokasi kebakaran.

Seperti dilansir Binjaicity.com, dalam peristiwa itu, sebuah bangunan Toserba (Toko Serba Ada) milik Andi (42) warga setempat, ludes dilalap si jago merah. Amuk api mengundang kehebohan warga dan pengendara yang melintas di Jalan MT Haryono. Pasalnya, lokasi kebakaran tepat berada di tengah pemukiman padat penduduk, persisnya berada di pinggir jalan utama.

Seorang saksi mata menjelaskan bahwa peristiwa kebakaran bermula dari adanya percikan api yang timbulkan oleh hubungan arus pendek atau korsleting listrik di ruang tengah. Meski sudah berusaha dipadamkan, namun api justru makin membesar. Melihat itu, pemilik bangunan langsung panik dan memilih keluar untuk menyelamatkan diri.

Sekejap mata, api terus makin membesar hingga menjalar ke atap rumah. Bahan bangunan yang kebanyakan berasal dari kayu membuat api makin cepat membesar. Terlebih lagi, di dalam bangunan itu terdapat banyak barang dagangan dan tabung gas ukuran 3 kilo.

” Tak banyak barang yang bisa diselamatkan, karena api begitu cepat membesar, ” ujar seorang saksi mata yang enggan disebutkan identitasnya.

Pemilik Toserba, Andi (42) saat ditemui terlihat masih shock dengan kebakaran. Bangunan Toserba miliknya habis terbakar.  Dia mengaku seluruh barang dalam ruko habis dilalap api.  “ Cuma buku dan alat tulis kantor yang di dalam steling ini saja yang bisa diselamatkan. Sisanya habis semua, ” katanya.

Andi dan keluarganya malam ini mengaku terpaksa mengungsi ke rumah tetangganya. Ia menduga api justru berasal dari warung kosong yang berada di samping Toko miliknya. ” Kalau kurasa api berasal dari dalam warung itu, ” ucapnya.

Kobaran api baru dapat dipadamkan satu jam kemudian. Pun begitu, proses pemadaman sempat terkendala oleh Portal di dekat Kantor Dinas PU Kota Binjai yang menghalangi laju mobil pemadam kebakaran. Meski tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun kerugian yang ditimbulkan ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. (SN-07) 

SIMANTAB.COM, Raya – Polisi akhirnya merilis identitas ke-8 orang anggota sindikat ‘Ninja’ Sawit yang ditangkap ketika beraksi di areal Kebun PTPN IV Marjandi, Senin (30/05/2016).  (Baca : Ninja Sawit di Kebun Marjani Bawa Senpi Mainan)

 

Enam dari delapan pelaku ini, sesuai daftar yang diperoleh dari polisi ternyata adalah warga Huta III, Nagori Maligas Tongah, Kecamatan Tanah Jawa.  Sedangkan dua pelaku lain, masing-masing beralamat di Kecamatan Medan Sunggal, dan Jalan Pdt J Wismar Saragih, Pematangsiantar. Ironisnya, dua dari delapan pelaku inbi masih berstatus pelajar. Satu di STM Persiapan Pematangsiantar, dan SMK Istikomah Tanah Jawa.

Sementara itu, mengenai kerugian yang diderita pihak perkebunan akibat aksi para tersangka ini, sesuai laporan Bin Harun Sormin (51), asisten Afdelin III, Kebun Marjandi, diperkirakan mencapai Rp11 juta. “Nilai kerugian yang dialamin perusahaan diperkirakan mencapai Rp11 juta. Jumlah ini merupakan taksiran nilai rupiah TBS yang berhasil dicuri para pelaku. Ini sesuai laporan dari pihak perkebunan,” kata polisi di SPKT Polres Simalungun, di Pamatangraya, malam ini.

Sedangkan ketika ditanya mengenai barang bukti, kata polisi, dalam kasus ini diamankan sejumlah barang bukti dari para pelaku. Antara lain; 1 unit sepedamotor BK 4458 AV, 1 unit truck colt diesel BK 8968 LW berisi 8 ton TBS, 2 egrek besi bergagang fiber, 1 buah korek api berbentuk pistol, 2 buah tas sandang, 2 unit Hp Samsung, 2 buah dompet berisi uang tunai Rp2, 340 ribu, dan sejumlah barang bukti lain seperti KTP, SIM, ATM. (Jerry)

Berikut identitas para pelaku :

1.      Uji Sanjaya Sinaga (20)

2.      Ivan panjaitan (21)

3.      Saleh Sinaga (43)

4.      Suhendra Sinaga (42)

5.      Amaran Silalahi (28)

6.       Simson Nainggolan (20)

7.      H S (16)  Pelakar STM Persiapan Pematangsiantar

8.      NP (16)  Pelajar SMK Istikomah Tanah Jawa

 

 

SIMANTAB.COM, Panei Tongah – Delapan orang pria, yang salah seorang diantaranya mengaku sebagai personil Polda Sumut nyaris menjadi sasaran amuk massa, yang sebelumnya memergoki aksi mereka mencuri kelapa sawit di areal PTPN IV Kebun Marjandi.

Insiden ini terjadi, Senin (30/05/2016) petang tadi sekitar pukul 14.30 WIB. Menurut informasi singkat yang diperoleh di lapangan, terbongkarnya aksi pencurian TBS yang dilakukan kawanan ini, berawal dari kecurigaan warga melihat 1 unit truck Colt Diesel mondar-mandir dari kawasan perkampungan, lalu masuk ke areal perkebunan.

“Warga sudah curiga duluan. Tapi, waktu dicek, warga diancam sama salah seorang pelaku dia memegang senjata api,” jelas seorang warga, usai penyergapan kawanan tersebut oleh personil Polres Simalungun.

Karena mencurigai adanya keterlibatan aparat, dikarenakan adanya seorang pelaku menggunakan senjata api, warga kemudian menghubungi pihak polres Simalungun. Tim propam Polres Simalungun, dipimpin Iptu Alwan yang tiba di lokasi beberapa saat berselang usai laporan warga, langsung melakukan penyergapan. Ke delapan orang pria itu pun menyerah tanpa perlawanan.

“Benar, ada seorang yang mengaku personil Poldasu. Namun, masih kita dalami kebenarannya. Yang bersangkutan membawa senjata api mainan,” jelas Kanit Propam di lokasi.

Meski lokasi kejadian itu berada di wilayah hukum Polsek Panei Tongah, polisi akhirnya memutuskan membawa ke delapan orang pria tersebut, berikut barang bukti TBS di dalam truck ke Polres Simalungun di Raya. Keputusan ini diambil polisi, dengan mempertimbangkan psikologis warga yang masih marah akibat insiden itu. “Mencegah amuk massa, maka, para pelaku dan barang bukti kita bawa ke Polres dan diserahkan ke Satreskrim untuk penanganannya,” jelas Kanit Propam. (Jerry)

 

SIMANTAB.COM, Sidamanik – Setelah dinyatakan hilang sejak 7 Mei lalu, Muali alias Timbul (60) akhirnya ditemukan. Ia ditemukan di sekitar Blok AT, PTPN IV Unit Bah Birong Ulu dalam kondisi sudah tidak bernyawa, Senin (30/05/2016) pukul 11.00 WIB.

Penemuan jasad Muali alias Timbul, sekaligus mengakhiri pencarian panjang yang telah dilakukan oleh keluarga almarhum. Menurut keterangan Parni (55), Erwin (33), masing-masing istri dan anak kandung almarhum, Muali menghilang dari kediaman mereka sejak 7 Mei lalu. Sebelumnya, almarhum yang telah pensiun sebagai karyawan di PTPN IV ini, diketahui sudah menderita kepikunan, yang membuatnya sering berjalan tanpa tujuan seorang diri.

Penemuan jasad Muali pun terbilang tidak disengaja. Sebagaimana keterangan diperoleh di lokasi, ini bermula dari kepergian salah seorang warga setempat, Atur Simanjuntak, mencari pohon keladi untuk dijadikan makanan ternak ke sekitar lokasi penemuan. “Ada warga bernama Atur Simanjuntak yang sedang mencari makanan ternak di sekitar lokasi. Waktu dia bekerja, tidak sengaja, ia mencium bau busuk, yang ternyata bersumber dari sesosok jasad manusia,” kata seorang personil Polsek Sidamanik menceritakan kronologis penemuan tersebut.

Oleh Atur, penemuan itu lantas dilaporkan kepada warga. Antara lain; Mak Suri br Gultom, yang kemudian meneruskan informasi tersebut kepada Frederik Simbolon. Adapun Frederik, usai menerima informasi tersebut, kemudian menghubungi pihak kepolisian, dan pihak keamanan kebun, lalu bersama rekannya Samuel Saragih, Herdianto Simbolon, dan Gemail Pandiangan mendatangi lokasi penemuan jenazah tersebut.

Di lokasi, warga bersama polisi, dan pihak keamanan kebun mengevakuasi jenazah almarhum yang tergeletak di dalam jurang dalam kondisi sudah membusuk.  Oleh keluarga almarhum, setelah dipastikan bahwa jasad tersebut adalah jasad Muali, kemudian diminta untuk dibawa ke rumah duka guna disemayamkan, dan langsung dikebumikan.

“Kita sudah coba sarankan untuk diotopsi. Namun, keluarga korban menolak. Mereka berkeyakinan bahwa korban meninggal karena sakit,” kata AKP Rohim Martin Gultom, Kapolsek Sidamanik ketika dikonfirmasi Simantab.com. (Jerry)

SIMANTAB.COM  - Pores Simalungun sedikitnya telah menindak 3022 pengendara yang melakukan pelanggaran lalu lintas di jalan raya. Hal tersebut merupakan hasil penindakan selama Operasi Patuh Jaya 2016 selama 14 hari.

Kasat Lantas Polres Simalungun yang dikonfirmasi Minggu  (29/05/2016) AKP Rikki Ramadhan mengatakan penindakan pelanggaran lalu lintas ini dapat menyadarkan masyarakat akan pentingnya kelengkapan berkendara. “Masyarakat Kabupaten Simalungun harus menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas,” ucapnya.

Dan, dalam pelaksanaan Operasi Patuh Jaya yang berakhir hari ini dimungkinkan Polres Simalungun mendapatkan pringkat pertama untuk Poldasu. Namun, hal itu bukan sebuah prestasi melainkan tugas bersama akan pentingnya keselamatan dan kelengkapan administrasi berkendara. “Ini tugas bersama, bukan hanya tugas kepolisian, melainkan seluruh elemen masyarakat, maka dari itu kita terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat supaya nantinya masyarakat sadar,” lanjut perwira tiga balok emas ini.

Sosialisasi terus dilakukan pihaknya untuk mengurangi angka korban kecelakaan saat berkendara. Salah satunya adalah sosialisasi ke sekolah-sekolah, memasang sepanduk dan lain sebagainya. (lud)

SIMANTAB.COM, Gunung Maligas – Lambok Manurung (15) harus merasakan pengapnya hidup di penjara. Sabtu (28/05/2016) petang kemarin, ia diamankan warga di kawasan Simpang Bak,  Karang sari, Kecamatan Gunung Maligas, ketika hendak membawa kabur sepedamotor hasil curiannya.

Tertangkapnya Lambok, sesuai informasi yang diperoleh di lapangan, berawal dari teriakan seorang warga bernama Novianti (44). Sore itu, wanita yang berprofesi sebagai PNS ini berteriak histeris, kala melihat Lambok membawa kabur sepedamotor Vario BK 6011 TAO miliknya, yang sebelumnya ia parkir di halaman rumah.

“Yang dibawa kabur itu sepedamotor Kak Novianti. Kreta  itu kebetulan diparkir di halaman rumah, kuncinya tertinggal,” jelas seorang warga.

Teriakan Novianti lantas mengundang warga, yang secara spontan bersama-sama berusaha mengejar Lambok, yang belakangan diketahui berdomisili di Kelurahan Tambun Nabolon, Kecamatan Siantar Martoba. Aksi kejar-kejaran antara warga dan Lambok pun terjadi, hingga kemudian, Lambok berhasil dihadang warga di Simpang Bak, Karang Sari, Kecamatan Gunung Maligas, sekitar 2 km dari kediaman korban.

Setelah Lambok tertangkap, nyaris terjadi aksi massa menghakimi bocah tersebut. Hanya saja, atas inisitif sejumlah warga lainnya, aksi main hakim sendiri itu pun urung dilakukan. Lambok kemudian diamankan, lalu diserahkan ke pihak kepolisian yang datang ke lokasi beberapa saat usai kejadian tersebut. Kapolsek Bangun AKP Hatopan Silitonga, saat dikonfirmasi mengenai perkara ini mengatakan, pihaknya telah menahan Lambok untuk kepentingan penyidikan, serta mengamankan barang bukti sepedamotor milik korban di Mapolsek. (Jerry)

SIMANTAB.COM, Tanah Jawa – Pasangan suami istri MS  (60), dan R br M  (50) ditemukan tidak bernyawa di Huta II, Nagori Bayu Bagasan, Kecamatan Tanah Jawa, Sabtu (28/05/2016) petang pukul 17.00 WIB. Isu yang beredar di tengah masyarakat, keduanya meninggal karena menderita penyakit mematikan, HIV/AIDS.

Kematian pasutri ini pertama sekali diketahui oleh sejumlah pelajar, yang diduga berasal dari Kecamatan BP Mandoge, Kabupaten Asahan. Sore itu, sekelompok pelajar itu tengah berekreasi di sungai yang juga dijadikan sebagai tempat pemandian. Sejumlah pelajar itu kemudian mendekat ke gubuk tempat tinggal kedua korban untuk membeli shampo. Namun, meski sudah berulangkali dipanggil, kedua korban tidak menyahut.

Penasaran, para pelajar itu pun mengintip dari luar, dan melihat kedua korban sudah terbaring telentang di lantai gubuk. Karena ketakutan, mereka lantas berlari, dan melaporkan apa yang mereka lihat kepada Sukimin (58), dan Maringan Tamba (50), keduanya centeng kebun PTPN IV, Afdelin I Tonduhan yang tengah beraktifitas di sekitar lokasi.

Oleh kedua centeng kebun ini, laporan dari para pelajar itu pun kemudian dipastikan dengan mengecek kondisi lokasi. Setelah memastikan keduanya meninggal, informasi itu lantas diteruskan kepada keluarga korban, dan Polsek Tanah Jawa. “Polisi tiba di lokasi untuk melakukan olah TKP, dan evakuasi jenazah setelah mendapat laporan dari centeng kebun,” kata Kompol Sejahtera Sembiring, Kapolsek Tanah Jawa.

Menurut Kapolsek, dari pemeriksaan yang dilakukan anggotanya, tidak ditemukan adanya tanda-tanda kekerasan di tubuh kedua korban. Hal ini memunculkan persepsi, keduanya meninggal karena sakit. Apalagi, seorang anak korban, W br S mengatakan, bahwa kedua orangtuanya memang telah lama menderita sakit. “Anak korban mengatakan kedua orangtuanya telah lama sakit, dan tinggal di gubuk itu,” jelas Kapolsek.

Sementara, mengenai sakit yang diderita pasutri ini, isu di tengah warga yang berhembus menyebutkan, keduanya diduga mengidap penyakit HIV/AIDS sejak beberapa tahun belakangan. Konon, keduanya terinfeksi penyakit mematikan tersebut, karena R br M sempat bekerja di Malaysia, sebagai seorang TKI ilegal. “Kabarnya kena AIDS. Karena, istrinya (R br M) kan dulu jadi TKI ilegal di Malaysia sana,” kata warga, ketika ditanya perihal informasi tersebut. Hanya saja, belum diperoleh kepastian mengenai penyakit yang diderita pasangan ini. Pihak keluarga tidak seorang pun yang bersedia berkomentar, hingga jenazah pasutri ini dibawa untuk diperiksa di instalasi forensik RSUD dr Djasamen Saragih, di Pematangsiantar. (Jerry)

SIMANTAB.COM, Madina - Masyarakat Banjar Aur Utara kecamatan Sinunukan berharap kepada pemerintah Mandailing Natal agar segera membangun jalan sentra produksi pertanian.

Hal ini menurut warga sangat dibutuhkan masyarakat untuk melancarkan transportasi hasil pertanian.

Masyarakat menagih janji bupati Madina Drs Dahlan Hasan Nasution sewaktu kampanye dulu. Saat itu Bupati berjanji akan memperbaharui seluruh infrastuktur desa di wilayah Madina.

Pantauan simantab.com pada minggu 30/05/16 kondisinya memang sangat memperihatinkan, untuk mengeluarkan hasil pertanian berupa sawit harus membutuh biaya yang besar karena kondisi jalan sentra pertanian belum dibangun.

Pebri salah seorang masyarakat setempat kepada simantab.com mengaku mengeluh akibat jalan sentra pertanian yang belum dibangun

" Apalagi sekarang musim hujan, biaya yang dikeluarkan sangat besar" keluh nya. (kurni)

SIMANTAB.COM, Medan - Mantan Kepala Kesbangpollinmas Sumatera Utara dan Plt Walikota Pematangsiantar, Eddy Sopyan dituntut  6 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) di ruang Cakra I Pengadilan Tipikor Medan, Senin (30/5/2016).

Dikutip dari tribunnews, dalam amar putusannya, JPU  menyatakan terdakwa Eddy Sopyan telah melakukan perbuatan melawan hukum dengan melakukan korupsi secara bersama-sama.

"Menuntut terdakwa Eddy Syofian dengan pidana selama 6 tahun penjara dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan dan memerintahkan terdakwa agar tetap ditahan. Denda sebesar Rp 200 Juta subsider enam bulan kurungan," ungkapnya di hadapan majelis hakim Berlian Napitupulu.

Selain itu, terdakwa juga dibebankan membayar Uang Pengganti (UP) sebesar Rp 1,1 Miliar. Jika tidak sanggup membayar, harta benda Eddy Syofian akan disita dan jika tidak mencukupi akan digantikan pidana penjara selama dua tahun.

Dalam kasus ini, JPU menjerat terdakwa Eddy Syofian dengan Pasal 2 jo Pasal 18 UU RI No 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU RI No 20 Tahun 2001 jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana. (SN-08)

SIMANTAB.COM, Binjai – Kebakaran hebat terjadi di Jalan MT Haryono, Kel. Damai, Kec. Binjai Utara, Kota Binjai, Minggu (29/5) sekira pukul 23.30, malam ini. Sirine mobil PBK (Pemadam Bahaya Kebakaran) milik BPBD Kota Binjai meraung-raung memecah kesunyian malam. Total ada 5 mobil PBK dikerahkan menuju ke lokasi kebakaran.

Seperti dilansir Binjaicity.com, dalam peristiwa itu, sebuah bangunan Toserba (Toko Serba Ada) milik Andi (42) warga setempat, ludes dilalap si jago merah. Amuk api mengundang kehebohan warga dan pengendara yang melintas di Jalan MT Haryono. Pasalnya, lokasi kebakaran tepat berada di tengah pemukiman padat penduduk, persisnya berada di pinggir jalan utama.

Seorang saksi mata menjelaskan bahwa peristiwa kebakaran bermula dari adanya percikan api yang timbulkan oleh hubungan arus pendek atau korsleting listrik di ruang tengah. Meski sudah berusaha dipadamkan, namun api justru makin membesar. Melihat itu, pemilik bangunan langsung panik dan memilih keluar untuk menyelamatkan diri.

Sekejap mata, api terus makin membesar hingga menjalar ke atap rumah. Bahan bangunan yang kebanyakan berasal dari kayu membuat api makin cepat membesar. Terlebih lagi, di dalam bangunan itu terdapat banyak barang dagangan dan tabung gas ukuran 3 kilo.

” Tak banyak barang yang bisa diselamatkan, karena api begitu cepat membesar, ” ujar seorang saksi mata yang enggan disebutkan identitasnya.

Pemilik Toserba, Andi (42) saat ditemui terlihat masih shock dengan kebakaran. Bangunan Toserba miliknya habis terbakar.  Dia mengaku seluruh barang dalam ruko habis dilalap api.  “ Cuma buku dan alat tulis kantor yang di dalam steling ini saja yang bisa diselamatkan. Sisanya habis semua, ” katanya.

Andi dan keluarganya malam ini mengaku terpaksa mengungsi ke rumah tetangganya. Ia menduga api justru berasal dari warung kosong yang berada di samping Toko miliknya. ” Kalau kurasa api berasal dari dalam warung itu, ” ucapnya.

Kobaran api baru dapat dipadamkan satu jam kemudian. Pun begitu, proses pemadaman sempat terkendala oleh Portal di dekat Kantor Dinas PU Kota Binjai yang menghalangi laju mobil pemadam kebakaran. Meski tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun kerugian yang ditimbulkan ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. (SN-07) 

SIMANTAB.COM, Lubuk Pakam - Kecelakaan terjadi antara kereta api dengan mobil Suzuki Jimny di Jalan Lubukpakam Batang Kuis Desa Pasar V Kebun Kelapa Kecamatan Beringin Kabupaten Deliserdang Minggu, (29/5/2016).

Akibatnya pasangan suami istri Arfan (54) dan Nining (50) tewas. Keduanya merupakan warga Desa Makmur Kecamatan Percut Seituan.

Sementara itu cucu mereka Nazwa (5) mengalami luka luka. Setelah kejadian jasad keduanya dibawa ke rumah sakit Patar Asih Beringin.

Kades Pasar V, Sumantri menceritakan kalau peristiwa kecelakaan itu terjadi sekira pukul 13.30 WIB. Saat itu korban datang dari arah Lubukpakam menuju Tembung.

"Kereta apinya dari Rantau Prapat menuju Medan. Cucunya selamat," ujar Sumantri.

Menurut laporan yang dikutip www.tribunmedan.com mobil yang dikendarai korban ini sempat terseret hingga 50 meter. Tampak kondisi mobil cukup parah dan tampak terguling.

Warga menyebut kalau kecelakaan sudah sering terjadi ditempat ini. Hal ini dikarenakan dilokasi tidak ada palang pintukereta api yang tersedia. (SN-01)

SIMANTAB.COM - Brigadir IV, polisi wanita yang ditangkap petugas Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Utara saat tengah asyik dugem di tempat hiburan malam Stroom gedung Selecta Jl Listrik, Kamis (26/05/2016) malam, dinyatakan positif menggunakan narkoba. (Baca : Polwan Cantik Ditangkap BNN di Stroom Karaoke)

Kepala Bidang Pemberantasan Narkoba BNNP Sumut, Ajun Komisaris Besar Agus Halimudin mengatakan, saat ini IV sudah diserahkan ke kesatuannya, di Polresta Medan. “Tes urinenya, yang bersangkutan positif menggunakan amphetamine  alias sabu. Kini, dia telah diserahkan ke Polresta Medan,” jelas Agus, Sabtu (29/05/2016) seperti dikutip dari Tribun Medan.

Ia menjelaskan, saat menyerahkan Brigadir IV ke Polresta Medan, Agus melampirkan surat asesment kepada Kapolresta Medan, Komisaris Besar Mardiaz Kusin. Rencananya, Brigadir IV akan direhabilitasi. "Saya sudah berkordinasi dengan Kapolresta. Kami meminta yang bersangkutan untuk diasesmen," ucap Agus.

Ia mengatakan, saat ini Brigadir IV ditangani oleh Satuan Reserse Narkoba Polresta Medan, dan ditahan di sel sementara. Dalam kasus ini, Brigadir IV sempat disebut-sebut tengah berajojing dengan bandar berinisial N. Sebelum menikmati alunan musik disko, IV disinyalir menggunakan sabusabu dan ekstasi.(Sn-01)

 

SIMANTAB.COM, Lubuk Pakam – ID (14), seorang siswi kelas II SMP di Kecamatan Sibirubiru menjadi korban kebiadapan sekelompok pemabuk. Bahkan, remaja putri yang satu ini berulangkali pingsan, ketika sekelompok pemuda yang mabuk menggilirnya di Desan Penen, Kecamatan Sibirubiru.

Korban diperkosa secara massal setelah dicekoki minuman keras (miras) hingga mabuk berat. Setelah pakaiannya dipreteli, korban digilir oleh pelaku hingga pingsan. Meski korban sudah tergeletak pingsan, para pelaku yang belum mendapat ‘jatah’ tetap menggilirnya. Informasi di Polres Deli Serdang, Jumat (27/05/2016), seperti dikutip dari Medan Satu.com menyebutkan, akibat aksi biadap sekelompok pemabuk itu, ID kini mengalami truma berat. Bahkan, tak jarang ia berteriak histeris, seolah tengah berhalusinasi.

Peristiwa memilukan ini terjadi pada Kamis malam (19/05/2016). Saat itu sekira pukul 20.00 WIB, dia berboncengan sepeda motor bersama temannya menuju tempat wisata pemandian air panas di Desa Penen. Saat sedang berendam di kolam air panas, korban dipanggil sekelompok pemuda yang menggelar pesta miras di salah satu gubuk di tempat wisata itu.

Karena ada satu pemuda yang dikenalnya, korban pun datang ke gubuk itu. Mereka lalu ngobrol dan bercanda. Lalu sekira pukul 22.30 WIB, seorang pelaku memaksa korban menenggak miras. Alasannya untuk menghangatkan badan. Korban menolak, tapi pemuda tersebut tetap memaksanya. Dibantu pelaku lainnya, korban berhasil dicekoki miras.

Setengah jam setelah miras itu masuk ke perutnya, korban pun merasa pusing dan tak bisa mengontrol dirinya. Saat itulah para pelaku beraksi. Mereka beramai-ramai menggerayangi korban, dan mempreteli pakaiannya satu per satu hingga tanpa sehelai benang. Mereka mencumbu korban beramai-ramai. Aksi para pemuda berandal itu sempat dipergoki warga dan langsung ditegur. Tapi ternyata aksi biadab itu tak berhenti

Di gubuk itu, pakaian korban kembali dipreteli, lalu kembali digerayangi. Satu per satu dari puluhan pemuda itu menggilirnya hingga korban pingsan. “Pas pertama, saya masih sadar, tapi gak bisa melawan, karena pusing kali kepala. Banyak kali pelakunya, ada puluhan kayaknya, tapi cuma satu orang yang saya kenal,” ujar korban kepada wartawan.

Puas memperkosa, korban ditinggalkan para pelaku terkapar di gubuk itu dalam kondisi telanjang. Dini hari sekira pukul 03.00 WIB, korban tersadar. Ia menangis sejadinya. Setelah mengenakan pakaiannya, ia berjalan kaki di kegelapan malam menuju rumah neneknya di Desa Penungkiren, Kecamatan STM Hilir, Kabupaten Deliserdang.

Neneknya pun terkejut melihat korban datang malam-malam dengan kondisi tak karuan. Korban pun menceritakan peristiwa kelam yang baru saja dialaminya. Kejadian itu tak langsung dilaporkan ke polisi.(Sn-01)

 

SIMANTAB.COM - Irjen Ari Dono Sukmanto ditunjuk menjadi Kabareskrim menggantikan Komjen Anang Iskandar yang pensiun akhir bulan ini. Polri menilai Ari Dono memiliki pengalaman mumpuni di bidang reserse.


"Pak Ari Dono pengalaman di bidang reskrimnya itu tidak diragukan lagi. Jadi kompetensinya sangat mendukung untuk melaksanakan tugas sebagai kabareskrim," kata Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar, Sabtu (28/05/2016) seperti dikutip dari detik.com.

Selain itu, lanjut Boy, Ari Dono juga memiliki prestasi dan integritas yang baik selama ini. "Sehingga pimpinan melihat sangat tepat apabila Pak Ari Dono melanjutkan tugas Pak Anang dan mendapat tugas setingkat lebih tinggi, karena sudah menjadi Wakabareskrim,” ujarnya.

Selain saat ini menjabat Wakabareskrim, Ari Dono juga pernah menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim. "Pernah bertugas juga sebagai Kapolda Sulteng ya, dimana juga selama ini bertugas terkait penanganan terorisme yang ada di sana (Sulteng)," tutupnya. Ari Dono merupakan perwira tinggi Polri dari angkatan Akpol 1985. (Sn-01)

 

SIMANTAB.COM, Jakarta - Penyidik Subdit Jatanras Polda Metro Jaya, Jumat (27/5/2016) ini, menyerahkan Jessica Kumala Wongso tersangka kasus kematian Wayan Mirna, Salihin ke Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat setelah berkas perkara kasus tersebut dinyatakan lengkap atau P21.

Selain menyerahkan tersangka, penyidik juga melimpahkan 37 barang bukti dalam kasus tersebut ke Kejari Jakarta Pusat.

"Barang bukti terkait dengan kasus saudara Jessica ada 37 barang bukti yang akan kita serahkan ke Kejari Jakarta Pusat," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Awi Setiyono, di Mapolda Metro Jaya, Jumat (27/5/2016) sebagaimana diwartakan tribunnews.com

Adapun barang bukti yang diserahkan tersebut meliputi:

1. Satu gelas yang berisi sisa cairan minuman Ice Vietnamese Coffee. 
2. Satu botol yang berisi sisa cairan minuman Ice Vietnamese Coffee. 
3. Satu buah tas perempuan merk Charles& Keith warna coklat. 
4. Pakain atas wanita warna coklat. 
5. Beberapa potong rambut.

6. Satu buah botol cairan Bioderma. 
7. Satu kotak obat sentraline sandoz 50 Mg berisi 3 lembar (30 tablet)
8. Satu botol merk 2 Tang yang berisi sisa obat cina
9. Tablet obat Razole 20 Mg 
10. Dua tablet obat Maxpharm 15 Mg

11. Tiga tablet obat Provelyn 75 Mg. 
12. Satu buah iPhone 5 warna putih berikut sim card 
13. Simcard optus nomor 04033711888
14. Tiga buah botol berisi cairan dibungkus kertas warna putih diikat pita warna merah, berlabel kertas motif kotak-kotak merah putih bertuliskan bath & body works dan tiga buah tas kertas belanja motif warna biru putih bertuliskan bath & body works, yang masing-masing tas kertas belanja berisi satu buah botol berisi cairan dibungkus kertas warna putih diikat pita warna merah, berlabel kertas motif kotak-kotak merah putih bath & body works.
15. Satu buah iPhone 6S warna rose gold berikut simcard.

16. Satu unit flashdisk Toshiba 32 GB warna abu-abu serial number: 1430ATA412CA rekaman CCTV dari restaurant Olivier west Mall Grand Indonesia. 
17. Satu unit mesin penggiling kopi.
18. Satu unit Jug Stainless untuk air panas. 
19. Satu unit teko lock and lock plastik untuk tempat susu.
20. Satu set meja kursi Table 54.

21. Dua kaleng contoh susu kental manis. 
22. Satu bungkus contoh kopi Robusta dalam kemasan pelastik hitam.
23. Satu buah contoh gelas yang di gunakan untuk penyajian ice Vietnam Coffee.
24. Satu buah contoh saucer atau piring kecil atau lepek. 
25. Dua buah contoh sedotan warna hitam.

26. Tiga lembar contoh kertas penyaring kopi.
27. Satu unit DVR (Decoder Video Record) merk telview model FD 161s serial number 474895448 warna hitam.
28. Satu unit kabel power DVR warna hitam. 
29. Satu unit hardisk eksternal merk WD my passport Ultra 500GB warna hitam 
30. Dua buah sampel celana panjang tersangka yang hilang

31. Satu bendel print out transaksi IVC.
32. Satu bendel print out WhatsApp Group Billy Blue.
33. Satu berkas laporan lengkap tentang Jessica yang dibuat oleh NSW Police Head quarter 1 Charles St.Paramatta NSW ada 15 Laporan 
34. Tujuh lembar surat keterangan dari kantor NSW Ambulance Australia berupa dokumen No.IB16/XX nla dengan lampirannya. 
35. Satu berkas print out percakapan Jessica mengancam Kristie Louise Carter dan percakapan lainnya.

36. Email dari Kristie Louise Carter kepada This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. tentang email Jessica Kumala Wongso
37. Satu bendel kronologis dan surat email yang berisi pemberitahuan tentang pemberhentian Jessica dari NSW Ambulance.

Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta sebelumnya memastikan unsur pembunuhan berencana dalam berkas perkara Jessica terpenuhi.

Kepastian itu disampaikan setelah berkas perkara pembunuhan Mirna dinyatakan lengkap atau P 21.

Dalam kasus ini, Mirna tewas setelah minum es kopi vietnam di Kafe Olivier, Grand Indonesia, pada 6 Januari 2016.

Ketika itu, ia sedang bersama dengan dua temannya, Jessica dan Hani.

Hasil pemeriksaan laboratorium forensik menunjukkan, kopi yang diminum Mirna mengandung racun sianida.

Polisi kemudian menetapkan Jessica sebagai tersangka kasus pembunuhan itu pada Jumat (29/1/2016) malam dan menangkap Jessica keesokan harinya, Sabtu (30/1/2016) pagi. (SN-09)

 

SIMANTAB.COM, Jakarta - Kembali tertangkapnya hakim karena kasus korupsi, semakin memperburuk citra lembaga peradilan.

Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla mengaku menyayangkan hal tersebut.

"Ya tentu menyedihkan memang kalau benteng hukum itu jebol juga," ujar Wakil Presiden, kepada wartawan di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Jumat (27/5/2016) seperti dilansir tribunnews.com

Ia mendorong agar reformasi lembaga peradilan, termasuk Mahkamah Agung, untuk terus melaksanakan agenda reformasi lembaga peradilan, sehingga bisa semakin transparan.

Upaya perbaikkan lembaga peradilan menurutnya juga harus didukung oleh masyarakat.

Karena harus diakui juga, salah satu faktor penyebab masih berlangsungnya praktik korupsi di pengadilan adalah masyarakat.

"Yang bikin kan masyarakat jugakan, yang ingin cepat dan dikurangi dia punya hukuman," ujarnya.

Masyarakat juga harus membantu dengan ikut mengawasi lembaga peradilan, agar transparansinya bisa terus ditingkatkan.

Dengan demikian, segala praktik koruptif bisa diantsipasi.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan pada Senin lalu (23/5).

Petugas KPK mengamankan dua hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bengkulu, Janner Purba dan Toton, serta Panitera Pengadilan Negeri Bengkulu, Badaruddin Amsori Bachsin alias Billy.

Kini ketiganya sudah ditetapkan sebagai tersangka.(SN-08)

SIMANTAB.COM - Normalnya, anak laki-laki berusia 10 tahun memiliki berat badan sekitar 30 kg. Namun, bobot  Aria Permana (10) mencapai 140 kg. Buah cinta pasangan Ade Somantri (42), dan Rokayah (37) itu sulit bergerak. Sang juara kelas itu kini sudah tidak sekolah karena kesulitan berjalan.

Bagaimana tanggapan dokter anak atas kasus yang menimpa Aria? Dokter spesialis anak National Hospital Surabaya dr Achmad Yuniari Heryana SpA menganjurkan Aria dibawa ke dokter anak konsultan gizi dan penyakit metabolis atau ahli endokrin. 

Hal itu ditujukan untuk mencari penyebabnya. ’’Sebabnya itu bisa jadi kelainan genetis, hormonal, atau kondisi sebelumnya,’’ kata dokter Achmad, sebagaimana dikutip dari JPNN.

Dengan kondisi Aria yang mudah lelah, Boy menduga ada masalah pada jantungnya. Bisa jadi sudah pada tahap gagal jantung. Selain masalah jantung, menurut dia, obesitas berisiko menimbulkan penyakit lain. ’’Bisa diabetes melitus tipe dua, hipertensi, batu empedu, dan hiperkolesterolemia,’’ tambahnya.

Dokter Irma Lestari Paramastuty SpA Mbiomed juga mendukung pernyataan Boy. Pola hidup yang buruk, menurut dia, bisa menjadi penyebabnya. Asupan lebih banyak daripada pengeluaran kalori. ’’Sering nonton televisi atau main game, lalu makannya banyak. Akhirnya gendut,’’ ujarnya.

Untuk membantu mengurangi berat badan Aria, Irma menyarankan untuk mengubah gaya hidup. Anak bisa melakukan diet. Namun, diet pada anak harus disertai konsultasi ahli gizi. Sebab, diet anak berbeda dengan diet orang dewasa

’’Ingat, anak masih tumbuh,’’ tutur dokter yang berpraktik di RSK St Vincentius A Paulo (RKZ) Surabaya itu. Keluarga pun harus mendukung. Caranya, memberikan contoh hidup sehat.

Aria yang hanya bisa beraktivitas di tempat tidur pun tetap harus melakukan gerakan. Adanya bantuan fisioterapi akan jauh lebih baik. Gerakan bisa membantu tubuh Aria melakukan pembakaran. Diharapkan, bobot Aria bisa turun. Setelah bisa meninggalkan tempat tidur, Aria disarankan untuk melakukan olahraga ringan.  Kegemukan bisa juga terjadi karena faktor keturunan. Nah, Irma memberikan tip bagi keluarga yang mempunyai potensi keturunan gemuk, yakni pemberian air susu ibu (ASI).(SN-04)

 

SIMANTAB.COM - Para peminat kursi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) masih punya waktu untuk mempersiapkan diri. Pemerintah menyatakan akan membuka penerimaan CPNS pada Agustus mmendatang.

Proses pendaftaran akan didahului penetapan kuota masing-masing instans, baik pusat maupun daerah. Penetapan kuota ini sendiri, direncanakan telah tuntas hingga akhir Juli mendatang. Sementara, pelaksaan tes akan digelar sekitar September-Oktober 2016, dengan sistem computer assisted test (CAT).

Persaingan juga dipastikan ketat. Pasalnya, rencana Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) merekrut 151.042 CPNS yang akan mengisi 108 jenis jabatan, tidak mendapat persetujuan dari Kementerian Keuangan.

MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi menyebut, kemenkeu hanya menyetujui perekrutan sebanyak 81 ribuan CPNS.  "Awalnya kami ajukan kebutuhan formasi 150 ribuan. Namun, yang sudah disetujui Kementerian Keuangan dan telah disiapkan anggarannya hanya 81 ribu," ujar Yuddy Chrisnand, sebagaimana dikutip dari JPNN.

Kata Yudhi, dari 81 ribuan kursi yang diperbutkan itu, mayoritas sudah diplot untuk lulusan sekolah ikatan dinas, tenaga kesehatan yang diurus kemenkes, guru GTT yang berada dalam nauangan kemendikbud., dan aparat penegak hukum. 

"Yang prioritas tahun ini lulusan sekolah ikatan dinas, tenaga kesehatan, pendidik, dan penegak hukum," ujarnya. Sementara, untuk jalur pelamar umum hanya tersedia maksimal 15 ribu orang. Nah, untuk jalur umum ini pun, sebagian bakal diperuntukan bagi lulusan cumlaude dari PTN berakreditasi A.

"Seluruh pelamar CPNS baik pelamar umum maupun khusus semuanya melalui proses tes computer assisted test (CAT). Tidak ada ?yang tanpa tes," ujar Yuddy. ?Dia mengakui, penerimaan CPNS tahun ini sangat ketat karena jumlah yang diterima sedikit. Yakni hanya untuk mengisi pos-pos jabatan yang sangat dibutuhkan.

Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmadja pernah menyampaikan, tahun ini hampir 600 instansi pusat dan daerah mengajukan kebutuhan pegawai baru. Hanya saja, dari usulan kebutuhan yang diajukan lewat e-formasi, setengahnya tidak memenuhi syarat.

"Kami terpaksa menolak usulan tambahan formasi yang disampaikan instansi pusat dan daerah. Sebab, 50? persen usulannya bukan menempati jabatan prioritas (108 jabatan yang sudah ditetapkan, red)" kata Setiawan Wangsaatmadja.

Dia mengaku heran melihat usulan tambahan formasi yang diajukan didominasi tenaga administrasi. Padahal, KemenPAN-RB sudah melakukan sosialisasi ke daerah-daerah terkait pengadaan CPNS 2016. (SN-03)

 

SIMANTAB.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo  telah menandatangani peraturan pemerintah pengganti undang-undang Nomor 1 Tahun 2016 tentang perrubahan kedua Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. 

Perppu ini memperberat sanksi bagi pelaku kejahatan seksual, yakni hukuman mati, penjara seumur hidup, maksimal 20 tahun penjara dan minimal 10 tahun penjara. 

Perppu juga mengatur tiga sanksi tambahan, yakni kebiri kimiawi, pengumuman identitas ke publik, serta pemasangan alat deteksi elektronik. 

Perppu ini mengubah dua pasal dari UU sebelumnya yakni pasal 81 dan 82, serta menambah satu pasal 81A. Berikut ini isi dari Perppu Nomor 1 Tahun 2016:

1. Ketentuan Pasal 81 diubah sehingga berbunyi sebagai berikut:

Pasal 81

(1) Setiap orang yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 76D dipidana dengan pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun dan paling lama 15 (lima belas) tahun dan denda paling banyak Rp5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah). 

(catatan: Pasal 76D dalam UU 23/2004 berbunyi "Setiap Orang dilarang melakukan Kekerasan atau ancaman Kekerasan memaksa Anak melakukan persetubuhan dengannya atau dengan orang lain.")

(2) Ketentuan pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berlaku pula bagi setiap Orang yang dengan sengaja melakukan tipu muslihat, serangkaian kebohongan, atau membujuk Anak melakukan persetubuhan dengannya atau dengan orang lain.

(3) Dalam hal tindak pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan oleh orang tua, wali, orang-orang yang mempunyai hubungan keluarga, pengasuh anak, pendidik, tenaga kependidikan, aparat yang menangani perlindungan anak, atau dilakukan oleh lebih dari satu orang secara bersama-sama, pidananya ditambah 1/3 (sepertiga) dari ancaman pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1).

(4) Selain terhadap pelaku sebagaimana dimaksud pada ayat (3), penambahan 1/3 (sepertiga) dari ancaman pidana juga dikenakan kepada pelaku yang pernah dipidana karena melakukan tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam Pasal 76D.

(5) Dalam hal tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam Pasal 76D menimbulkan korban lebih dari 1 (satu) orang, mengakibatkan luka berat, gangguan jiwa, penyakit menular, terganggu atau hilangnya fungsi reproduksi, dan/atau korban meninggal dunia, pelaku dipidana mati, seumur hidup, atau pidana penjara paling singkat 10 (sepuluh) tahun dan paling lama 20 (dua puluh) tahun.

(6) Selain dikenai pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1), ayat (3), ayat (4), dan ayat (5), pelaku dapat dikenai pidana tambahan berupa pengumuman identitas pelaku.

(7) Terhadap pelaku sebagaimana dimaksud pada ayat (4) dan ayat (5) dapat dikenai tindakan berupa kebiri kimia dan pemasangan cip.

(8) Tindakan sebagaimana dimaksud pada ayat (7) diputuskan bersama-sama dengan pidana pokok dengan memuat jangka waktu pelaksanaan tindakan.

(9) Pidana tambahan dan tindakan dikecualikan bagi pelaku Anak.

2. Di antara Pasal 81 dan Pasal 82 disisipkan 1 (satu) pasal yakni Pasal 81A yang berbunyi sebagai berikut:

Pasal 81A

(1) Tindakan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 81 ayat (7) dikenakan untuk jangka waktu paling lama 2 (dua) tahun dan dilaksanakan setelah terpidana menjalani pidana pokok.

(2) Pelaksanaan tindakan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) di bawah pengawasan secara berkala oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang hukum, sosial, dan kesehatan.

(3) Pelaksanaan kebiri kimia disertai dengan rehabilitasi.

(4) Ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara pelaksanaan tindakan dan rehabilitasi diatur dengan Peraturan Pemerintah.

3. Ketentuan Pasal 82 diubah sehingga berbunyi sebagai berikut:


Pasal 82

(1) Setiap orang yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 76E dipidana dengan pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun dan paling lama 15 (lima belas) tahun dan denda paling banyak Rp5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah)

(Catatan: Bunyi pasal 76E dalam UU 23/2004 berbunyi" Setiap Orang dilarang melakukan Kekerasan atau ancaman Kekerasan, memaksa, melakukan tipu muslihat, melakukan serangkaian kebohongan, atau membujuk Anak untuk melakukan atau membiarkan dilakukan perbuatan cabul." )

(2) Dalam hal tindak pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan oleh orang tua, wali, orang-orang yang mempunyai hubungan keluarga, pengasuh anak, pendidik, tenaga kependidikan, aparat yang menangani perlindungan anak, atau dilakukan oleh lebih dari satu orang secara bersama-sama, pidananya ditambah 1/3 (sepertiga) dari ancaman pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1).

(3) Selain terhadap pelaku sebagaimana dimaksud pada ayat (2), penambahan 1/3 (sepertiga) dari ancaman pidana juga dikenakan kepada pelaku yang pernah dipidana karena melakukan tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam Pasal 76E.

(4) Dalam hal tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam Pasal 76E menimbulkan korban lebih dari 1 (satu) orang, mengakibatkan luka berat, gangguan jiwa, penyakit menular, terganggu atau hilangnya fungsi reproduksi, dan/atau korban meninggal dunia, pidananya ditambah 1/3 (sepertiga) dari ancaman pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1).

(5) Selain dikenai pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sampai dengan ayat (4), pelaku dapat dikenai pidana tambahan berupa pengumuman identitas pelaku.

(6) Terhadap pelaku sebagaimana dimaksud pada ayat (2) sampai dengan ayat (4) dapat dikenai tindakan berupa rehabilitasi dan pemasangan cip.

(7) Tindakan sebagaimana dimaksud pada ayat (6) diputuskan bersama-sama dengan pidana pokok dengan memuat jangka waktu pelaksanaan tindakan.

(8) Pidana tambahan dikecualikan bagi pelaku Anak.

4. Di antara Pasal 82 dan Pasal 83 disisipkan 1 (satu) pasal yakni Pasal 82A yang berbunyi sebagai berikut:


Pasal 82A

(1) Tindakan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 82 ayat (6) dilaksanakan selama dan/atau setelah terpidana menjalani pidana pokok.

(2) Pelaksanaan tindakan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) di bawah pengawasan secara berkala oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang hukum, sosial, dan kesehatan.

(3) Ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara pelaksanaan tindakan diatur dengan Peraturan Pemerintah. (SN-01)

SIMANTAB.COM, Tokyo - Pecinta binatang di Jepang berduka atas kematian Hanako, gajah tertua di negara tersebut. Hanako yang mati di usia 69 tahun ini sempat menjadi perhatian karena kondisinya yang berujung pada petisi. 

Hanako, yang berarti 'anak bunga', menjadi perhatian tahun lalu setelah ada kampanye internasional untuk meningkatkan kondisi hidup gajah yang mulai menua. Demikian dilansir AFP dan dikutip dari detiknews, Minggu (29/5/2016). 

Penyebab kematian Hanako belum diketahui. Autopsi akan dilakukan dalam waktu dekat dan tubuh gajah ini akan disumbangkan untuk penelitian medis. 

Menurut Guinnes World Records, gajah tertua yang pernah ada ialah Lin Wang yang bertahan hidup hingga usia 86 tahun. Dia mati di Kebun Binatang Taipei pada 2003. Gajah yang berada di penangkaran bisa berusia lebih dari 40 tahun.

Warga yang berduka memadati Kebun Binatang Inokashira di Tokyo. Lebih dari 70 kartu duka cita ditinggalkan untuk Hanako. 

"Penggemar mendatangi kebun binatang untuk meletakkan bunga di depan pagar kandang Hanako," kata petugas informasi dan pendidikan Kebun Binatang Inokashira, Hiroshi Mashima. 

Hanako saat sudah tidak bisa berdiri (Foto: AFP Photo)

Mashima menuturkan, Hanako mati setelah 20 petugas berusaha untuk membuatnya berdiri dengan tali. Itu adalah teknik yang umum digunakan ketika gajah terus-terusan tergeletak di lantai. Gajah mati bila dia terlalu lama tergeletak di satu sisi karena bisa menghancurkan organ dalamnya. 

"Dia mati dalam diam dan dengan tenang. Ini sangat menyedihkan. Dia adalah gajah yang paling dicintai di Jepang," kata Kepala Kebun Binatang Inokashira, Kiyoshi Nagai kepada media Jepang, Kyodo. 

Hanako menjadi buah bibir publik tahun lalu setelah seorang aktivis hak binatang asal Kanada menulis cerita di blog yang menyayat hati. Tulisan itu berujung pada petisi 'Help Hanako' dengan foto gajah tersebut yang menunjukkan wajah sedih. Petisi itu menjadi viral dan diteken lebih dari 400.000 orang. 

"Saya kaget dan kecewa melihat kondisi kurungannya. Dia benar-benar sendirian di dalam kandang dari semen yang kecil dan tandus. Benar-benar tidak nyaman dan tidak ada stimulasi yang diberikan. Dia hanya berdiri di sana, seperti tidak bernyawa, bagaikan patung," tulis Ulara Nakagawa. 

Hanako dibawa ke Jepang pada 1949 saat dia berusia 2 tahun sebagai hadiah dari pemerintah Thailand. Kisahnya diwujudkan dalam buku cerita anak-anak hingga drama televisi. 

Dia juga punya masa lalu yang kelam. Hanako pernah menginjak-injak pria mabuk yang masuk ke kandangnya pada 1956 serta seorang penjaga kebun binatang setahun kemudian. (SN-02)

SIMANTAB.COM, Milan - Zinedine Zidane baru saja mengantar Real Madrid menjadi juara Liga Champions. Namun kelanjutan masa depannya sebagai pelatih Madrid masih jadi tanda tanya.

Los Blancos keluar sebagai juara Liga Champions usai mengalahkan Atletico Madrid di babak final. Dalam pertandingan yang digelar di San Siro, Minggu (29/5/2016) dinihari WIB, Madrid menang lewat adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 1-1.

Dengan kesuksesan ini, Zidane kini masuk ke jajaran elit pelatih yang juga pernah juara saat masih menjadi pemain. Dia menjadi orang ketujuh yang menorehkan catatan istimewa tersebut.

"Pada akhirnya, meraih Liga Champions adalah perasaan terbaik sama seperti menjuarai Piala Dunia," ujar Zidane yang memenangi Piala Dunia 1998 bersama Prancis seperti dikutip dari sky sport.

"Setelah semua kerja yang kami lakukan, saya sangat bangga, ini adalah pekerjaan yang fenomenal. Saya senang karena saya sudah jadi bagian dari klub hebat ini untuk waktu yang lama. Saya merasa sangat bangga."

Zidane mengambil alih posisi pelatih Madrid pada Januari lalu menggantikan Rafael Benitez yang dipecat. Di bawah arahan Zidane, Madrid yang sempat tertinggal jauh dari Barcelona di La Liga mampu menjadi pesaing juara sampai pekan terakhir.

Masa depan jangka panjang Zidane sebagai pelatih Madrid hingga kini masih jadi tanda tanya. Kendati demikian, Zidane masih belum ingin memikirkannya.

"Masa depan? Kita lihat saja, sekarang ayo nikmati saja kesuksesan ini," katanya. (SN-01)

SIMANTAB.COM, Milan - Real Madrid tampil sebagai juara Liga Champions 2015/2016. Mereka menjadi juara setelah mengalahkan Atletico Madrid via babak adu penalti.

Dengan demikian, Madrid pun sukses meraih gelar juara ke-11 mereka di turnamen ini; 'La Undecima', demikian mereka melabelinya. Los Blancos kembali sukses menundukkan Atletico, rival sekota sekaligus lawan mereka di final dua tahun lalu.

Seperti dikutip dari detiksport, Setelah bermain 1-1 selama 120 menit, pertandingan ini dilanjutkan ke babak adu penalti. Di babak tos-tosan tersebut, penendang keempat Atletico, Juanfran, gagal. Tendangannya menerpa tiang gawang dan membuat Atletico tertinggal 4-3.

Penendang kelima Madrid, Cristiano Ronaldo, pun mendapatkan makanan empuk. Ia tidak membuang peluang yang sudah ada di depannya. Tendangannya masuk, mengubah skor menjadi 5-3, dan membawa Madrid meraih trofi juara Liga Champions musim ini.

Jalannya Pertandingan

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion San Siro, Milan, Minggu (29/5/2016) dini hari WIB, Madrid langsung tampil menekan setelah kick-off dilakukan. Di sisi lain, Atletico juga berani tampil terbuka. Mereka tidak hanya sekadar menunggu Madrid melakukan serangan, lalu balas melakukan serangan balik.

Kendati begitu, Madrid tampil lebih dominan. Berulang kali, serangan mereka --yang kebanyakan diawali oleh umpan silang dan umpan panjang langsung ke depan-- banyak membahayakan pertahanan Atletico. Peluang pun mereka dapatkan ketika pertandingan baru berjalan lima menit.

Berawal dari pelanggaran Filipe Luis terhadap Gareth Bale, Madrid mendapatkan tendangan bebas tak jauh dari kotak penalti Atletico. Bale sendiri yang mengeksekusi tendangan bebas tersebut.

Dari tendangan bebas Bale, yang dieksekusi dengan kaki kiri, bola menusuk ke depan gawang Atletico. Casemiro pun langsung menyambarnya sebelum bola menyentuh tanah. Sial bagi Casemiro, tendangannya masih bisa ditepis kiper Atletico, Jan Oblak, dengan kakinya.

Ketika pertandingan memasuki menit ke-15, Madrid kembali mendapatkan tendangan bebas. Dari tendangan bebas inilah, yang kali ini dieksekusi oleh Toni Kroos, Madrid meraih keunggulan.

Tendangan bebas Kroos disambut dengan sundulan oleh Bale. Bola yang melambung ke depan gawang Atletico setelah disundul Bale itu lantas disambar oleh Sergio Ramos dengan sepakan datar. Kali ini, Oblak tidak mampu menghalaunya. Madrid unggul 1-0.

Tertinggal dari rival sekota, Atletico tidak panik. Mereka tidak lantas terburu-buru untuk langsung menghambur ke depan dan menggempur pertahanan Madrid. Beberapa kali, mereka memutar-mutar bola di tengah, sebelum akhirnya melepaskan umpan terobosan ke depan ketika celah sudah terbuka.

Namun demikian, Madrid juga terbilang disiplin dalam bertahan. Trio Casemiro-Luka Modric-Toni Kroos tidak pernah berdiri terlalu jauh dari lini pertahanan Madrid sehingga membuat Atletico kesulitan untuk menemukan celah.

Dua peluang sempat didapatkan Atletico via Antoine Griezmann. Namun, satu tendangan Griezmann terlalu pelan sehingga dengan mudah ditangkap oleh Keylor Navas. Sementara, sepakan Griezmann lainnya melebar tipis di sisi kanan gawang Madrid.

Babak pertama berakhir setelah injury time selama satu menit selesai. Gol Ramos jadi pembeda di paruh pertama ini.

Babak kedua kemudian diawali dengan sebuah kejadian, yang kemudian membuat cerita final 2015/2016 ini menjadi lebih menarik. Baru beberapa saat pertandingan paruh kedua berjalan, Atletico mendapatkan penalti setelah Pepe melakukan pelanggaran terhadap Fernando Torres.

Griezmann kemudian mengeksekusi tendangan penalti itu. Namun, tidak ada gol yang tercipta setelahnya. Tendangan kaki kiri Griezmann menerpa mistar gawang dan bola kemudian memantul jauh. Ini adalah penalti kedua Griezmann musim ini, ketika menghadapi Madrid, dan dua-duanya gagal.

Tidak lama setelah penalti itu, pelatih Atletico, Diego Simeone, tampak memberikan sedikit wejangan dan menyemangati Griezmann di pinggir lapangan. Simeone kemudian menepuk anak buahnya itu dan mempersilakannya untuk main kembali.

Atletico tampil lebih agresif di babak kedua ini. Dengan masuknya Yannick Ferreira Carrasco --menggantikan Augusto--, mereka banyak menekan dari sisi sayap kiri. Beberapa kali mereka juga memaksa Madrid untuk bertahan amat dalam.

Kendati begitu, Madrid masih sempat memberikan ancaman untuk gawang Atletico. Pada menit ke-69, sebuah serangan balik Madrid diakhiri dengan sepakan Karim Benzema dari dalam kotak penalti. Sial bagi Benzema, dan juga Madrid, tendangan bomber asal Prancis itu masih bisa ditepis oleh Oblak.

Tidak beberapa lama setelahnya, gantian peluang Bale yang gagal. Tendangan keras datar pemain asal Wales itu dihalau pemain Atletico tepat di depan garis gawang Atletico.

Pada akhirnya, Atletico berhasil menyamakan kedudukan. Ketika pertandingan menginjak menit ke-79, Carrasco --si pemain pengganti-- membobol gawang Madrid.

Gol bermula dari sebuah serangan dari sisi kanan (atau kiri pertahanan Madrid). Umpan silang dari Juanfran langsung disambar oleh Carrasco yang berada di depan gawang Madrid. Skor pun berubah menjadi 1-1.

Setelah gol tersebut, Madrid masih sempat mendapatkan peluang lewat Ronaldo. Menerima umpan terobosan dari Bale, Ronaldo berusaha mengecoh Oblak dan melepaskan sepakan. Namun, sepakan Ronaldo dengan cepat dihalau oleh Oblak.

Sama seperti final dua tahun lalu, pertandingan pun dilanjutkan ke babak tambahan.

Di babak tambahan, tidak banyak peluang tercipta. Namun, sebelum babak tersebut dimulai, beberapa pemain Madrid seperti Ronaldo dan Bale tampak mengalami kram. Mereka pun langsung mendapatkan perawatan dari fisioterapis tim.

Kendati demikian, para pemain Madrid tersebut masih bisa lanjut bermain. Yang tidak bisa melanjutkan permainan malah bek Atletico, Filipe Luis, yang mengalami cedera di pangkal pahanya. Luis pun digantikan oleh Lucas Hernandez.

Menjelang akhir babak tambahan, Madrid menggempur pertahanan Atletico. Namun, dua kali peluang mereka gagal lantaran terlalu lama untuk melepaskan sepakan. Dua kali juga usaha mereka digagalkan oleh blok pemain-pemain bertahan Atletico.

Laga pun dilanjutkan ke babak adu penalti.

Di babak adu penalti, hanya satu penendang yang gagal, yakni Juanfran. Namun, gagalnya tendangan Juanfran --yang mengenai tiang gawang-- sudah cukup untuk memukul Atletico.

Penendang kelima Madrid, Ronaldo, menjalankan tugasnya dengan baik. Madrid menang 5-3 lewat adu penalti dan keluar sebagai juara.

Adu Penalti

Real Madrid
1. Lucas Vazquez - gol
2. Marcelo - gol
3. Gareth Bale - gol
4. Sergio Ramos - gol
5. Cristiano Ronaldo - gol

Atletico Madrid
1. Antoine Griezmann - gol
2. Gabi - gol
3. Saul Niguez - gol
4. Juanfran - gagal

Susunan Pemain
Real Madrid: Navas, Carvajal (Danilo 51), Pepe, Ramos, Marcelo, Kroos (Isco 72), Casemiro, Modric, Bale, Ronaldo, Benzema (Lucas Vazquez 77).

Atletico Madrid: Oblak, Juanfran, Savic, Godin, Filipe Luis (Lucas Hernandez 108), Koke, Gabi, Augusto (Carrasco 45), Saul, Torres, Griezmann.(SN-08)

SIMANTAB.COM - Liga Champions Eropa musim 2015/2016 akhirnya mencapai puncak. Minggu (29/5/2016) dinihari WIB, Real Madrid dan Atletico Madrid akan berjibaku di Stadion San Siro kota Milan, untuk memperebutkan status jawara Eropa musim ini.

Sebelumnya mungkin tak akan ada yang menyangka bahwa final Liga Champions musim ini akan kembali menghadirkan Derby Madrid. Bayern Munich dan Barcelona yang diunggulkan ternyata harus tersingkir lebih dini. Kesebelasan yang menaklukkan Bayern dan Barca adalah Atletico.

Menurut ulasan yang dilansir dilaman sport.detik.com, Atletico mungkin berada di atas angin karena mampu mengalahkan dua kandidat juara Liga Champions musim ini. Namun, Madrid pun tengah dalam form yang luar biasa dan memiliki catatan pernah mengalahkan Atletico di final Liga Champions dua tahun silam.

Lantas siapa yang kali ini akan mengangkat trofi "Si Kuping Besar"?

Menghancurkan Tembok Pertahanan Atletico dengan Umpan Silang

"Defends wins title", katanya. Dengan gaya bermain yang mengutamakan kekuatan di lini pertahanan, Atletico yang dibesut Diego Simeone pun kerap menjadi batu sandungan kesebelasan-kesebelasan besar untuk bisa menjuarai sebuah kompetisi.

Meski banyak tidak disukai, nyatanya filosofi tersebut memang memberikan sejumlah kesuksesan bagi Atletico. Sejak Diego Simeone menangani Atletico pada 2011, trofi-trofi berdatangan ke lemari Atletico. Dimulai dari Liga Europa pada musim pertamanya, hingga menjuarai La Liga pada musim 2013/2014.

Total Simeone telah mempersembahkan lima trofi untuk Atleti. Dan semua trofi tersebut didapatkan dengan cara bermain yang sama, yakni menekankan kekuatan pada kordinasi lini pertahanan. Ungkapan "Defends wins title", terbukti bukan omong kosong belaka bersama Simeone.

[Clive Rose/Getty Images]

Musim ini, kekuatan pertahanan Atletico semakin menjadi-jadi. Di La Liga, mereka hanya kebobolan 18 kali dari 38 pertandingan. Jumlah ini bahkan lebih sedikit dibanding pada 2014 saat mereka menjuarai La Liga (26 kebobolan).

Dari 57 pertandingan yang dijalani Atletico pada musim ini di segala ajang, 35 di antaranya berhasil tidak kebobolan. Jumlah kebobolannya sendiri hanya 26 gol. Jumlah kebobolan ini merupakan yang paling sedikit dibanding kesebelasan manapun di liga Eropa.

Solidnya lini pertahanan Atletico memang bisa dibilang membuat lini depan lawan ketakutan. Namun bukan berarti tak bisa dikalahkan. Toh, tak hanya satu dua kesebelasan yang mampu mengalahkan Atletico yang musim ini memiliki lini pertahanan yang super kokoh.

Tercatat ada delapan kesebelasan yang mengalahkan Atletico. Tak semuanya kesebelasan besar. Selain Bayern dan Barcelona yang sekali menang di Liga Champions, kesebelasan seperti Benfica, Malaga, Celta Vigo, Sporting Gijon, Villareal, dan Levante pun bisa mengalahkan Atletico musim ini.

Barca menjadi kesebelasan yang mampu menaklukkan Atletico tiga kali musim ini. Di La Liga, pada dua pertemuannya pertandingan selalu berakhir dengan skor 1-2 untuk Barca. Di Liga Champions, Barca sendiri kalah dengan agregat 2-3 (kalah 0-2 di Vicente Calderon setelah menang 1-2 di Camp Nou).

Jika dilihat dari kekalahan-kekalahan Atletico musim ini, sebanyak enam kali mereka sebenarnya mampu unggul lebih dulu. Bahkan dalam tiga pertemuan melawan Barca, tiga kali pula Atletico kalah meski sempat unggul lebih dulu. Levante, Sporting Gijon, dan Benfica pun berhasil menang setelah Atleti mencetak gol terlebih dahulu.

Ada indikasi Atletico akan bermain agresif untuk menyerang di awal-awal permainan. Setelah mampu mencetak gol, Atleti akan habis-habisan memperketat lini pertahanan, sambil melancarkan skema serangan balik dengan mengandalkan umpan-umpan terobosan pada Antoine Griezmann atau Fernando Torres. Sebanyak 11 pertandingan Atletico menang dengan skor 1-0.

Sementara itu, dalam kekalahan Atletico ada tren bagaimana mereka selalu kebobolan ketika menghadapi umpan silang. Dari 19 gol yang bersarang ke gawang Atleti ketika kalah, 11 gol di antaranya bersumber dari skema umpan silang, entah itu umpan silang mendatar ataupun melambung. Lainnya, satu yang berasal dari skema tendangan bebas dan sisanya dari serangan lewat tengah.

Skema umpan silang boleh jadi akan menjadi cara Madrid menaklukkan Atletico pada final kali ini. Skema umpan silang pun sebenarnya menjadi penakluk Atletico pada final 2014 silam. Selain gol Sergio Ramos yang memanfaatkan sepak pojok, gol Gareth Bale yang membuka kran gol Real Madrid pada babak tambahan pun berasal dari umpan silang Angel Di Maria.

Atletico Harus Meniru Apa yang Dilakukan Wolfsburg

Berbicara pertemuan kedua tim, Atletico sebenarnya boleh percaya diri jika melihat statistik pertemuan. Nyatanya, usai kalah di final 2014 yang berlangsung di Lisbon, Atletico tak pernah kalah lagi dari Madrid meski keduanya bertemu sebanyak 10 kali.

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, Atletico pun memiliki modal pernah mengalahkan Bayern dan Barca (serta PSV Eindhoven) untuk melangkah ke final di babak fase gugur. Catatan tersebut lebih mengilap jika dibandingkan dengan Madrid yang "hanya" mengalahkan AS Roma, Wolfsburg, dan Manchester City di fase gugur.

Namun, Madrid tak akan mudah dikalahkan. Setelah kursi kepelatihan berpindah tangan dari Rafael Benitez ke Zinedine Zidane, Madrid tampil luar biasa. Sejak ditangani Zidane, Madrid menorehkan 21 kemenangan dan tiga kali seri dari 26 pertandingan.

[Getty Images/Clive Mason]

Berkat Zidane pula Madrid terus menempel Barca di perburuan gelar La Liga. Walau pada akhirnya tetap gagal mengudeta puncak klasemen pada akhir kompetisi, apa yang ditunjukkan Zidane bersama anak asuhnya tetap luar biasa, dengan torehan 12 kemenangan beruntun.

Hanya saja Atletico mungkin sudah memiliki formula untuk mengalahkan Madrid-nya Zidane. Bersama Zidane, Madrid baru mengalami dua kali kekalahan. Selain dikalahkan Wolfsburg di Liga Champions, satu kekalahan lainnya terjadi di La Liga, dan Atletico adalah pelakunya.

Atletico kala itu mengalahkan Madrid dengan susah payah. Atletico yang biasanya mampu mencetak gol pada babak pertama, harus menunggu menit ke-52 di mana Griezmann yang berkordinasi dengan Filipe Luis menaklukkan Keylor Navas.

Dari dua kekalahan Madrid, satu kesamaannya adalah mereka selalu unggul mutlak perihal penguasaan bola. Melawan Wolfsburg, Madrid berhasil menguasai 61% penguasaan bola, sementara saat ditaklukkan Atletico penguasaan bola Madrid mencapai 66%.

Cara yang paling jitu sebenarnya cara yang dilakukan Wolfsburg kala menaklukkan Madrid dengan skor 2-0. Meski hanya melepaskan 10 tembakan, tujuh di antaranya berhasil on target. Berbeda dengan Atletico yang melepaskan 9 tembakan, satu menjadi gol dari lima on target.

Wolfsburg sendiri berhasil menang karena sukses menaklukkan sisi kiri pertahanan Madrid. Dua gol yang dicetak (satu lewat penalti), di mana kedua tercipta pada babak pertama, berasal dari serangan yang masuk melalui sisi kiri pertahanan Real Madrid. Saat itu Madrid menurunkan Marcelo pada pos bek kiri. Kala itu, Henrique yang berposisi sebagai gelandang kanan Wolfsburg berhasil membuat Madrid kocar-kacir.

Marcelo memang full-back yang sangat rajin melakukan overlap. Kemampuannya dalam melepas umpan silang dan penetrasi ke kotak penalti lawan menambah daya ledak serangan Madrid dari sisi kiri.

Namun, hal itu kerap kali menjadi bumerang. Wolfsburg adalah satu-satunya kesebelasan yang berhasil mengeksploitasi sisi kiri pertahanan Madrid. Apalagi saat itu, Madrid tampil dengan kekuatan terbaiknya, kekuatan yang memungkinkan akan ditampilkan sejak menit pertama pada laga final menghadapi Atletico Madrid kali ini. 


Kesimpulan

Pertemuan kali ini tak akan sama seperti pertemuan pada dua tahun silam. Tak ada nama Iker Casillas, Fabio Coentrao, Angel Di Maria, dan Sami Khedira di kubu Madrid kali ini, begitu juga dengan Thibaut Courtois, Miranda, Diego Costa, dan David Villa yang telah meninggalkan Atletico.

Partai final pun akan menyajikan penampilan terbaik kedua kesebelasan. Atletico tampil dengan tanpa satu pun pemain yang absen. Sementara di kubu Madrid hanya Raphael Varane yang absen karena cedera. Cristiano Ronaldo, yang sempat mengalami cedera menjelang laga ini, pun telah dipastikan akan tampil dengan kekuatan 100%.

Kedua kesebelasan memiliki kans untuk menang. Kedua kesebelasan memiliki kelemahan yang terilhat di lini pertahanan mereka. Tinggal bagaimana kedua kesebelasan mampu mengeksploitasi kelemahan lawan masing-masing.

Kami memprediksi Madrid akan menang untuk meraih trofi ke-11 Liga Champions mereka. Skema umpan silang bukan tak mungkin dilakukan oleh Madrid yang akan menurunkan Benzema, Bale, Cristiano di lini depan. Belum lagi Madrid tampil begitu meyakinkan semenjak dilatih Zidane. Sementara Atletico sempat mengendur menjelang musim berakhir setelah dikalahkan Bayern dan Levante secara beruntun. (SN-08)

SIMANTAB.COM – Ajang bergengsi Yamaha Sunday Race (YSR) akan menuju puncaknya Sabtu-Minggu (28-29 Mei 2016) di Sentul International Circuit. Ajang balap yang diselenggarakan oleh Yamaha untuk mengakomodir hobi balap pengguna R Series ini telah sukses dalam dua seri sebelumnya pada Maret dan April lalu.

Pertarungan sengit dipastikan mewarnai race untuk menjadi jawara di YSR 2016 ini. “Antusias rider baik pro maupun dari komunitas sangat besar terhadap YSR. Seri 1 dan 2 bisa kita lihat semakin bertambah jumlah rider yang ikut berpartisipasi. Rider yang ikut juga punya ambisi untuk menang. Di seri 3 atau putaran final kali ini bisa saya pastikan akan semakin seru perebutan juara di seluruh kelas,” kata Robby Winaldy, Koordinator YSR PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), seperti dikutip dari viva.co.id

Seperti diketahui pada hasil seri 1 dan 2, persaingan juara di seluruh kelas selalu berubah. Ini menunjukkan peluang seluruh rider untuk menjadi sama besar. Apalagi, pada ajang YSR, Yamaha konsisten dan berkomitmen dalam meningkatkan riding skill rider melalui program Yamaha Riding Analyzer. Program yang ditujukan untuk menganalisis kemampuan riding pembalap ini banyak diminati oleh rider dan dijadikan pedoman evaluasi untuk menghadapi race selanjutnya.

”Skill rider di tiap seri semakin meningkat. Program Yamaha Riding Analyzer banyak memberikan kontribusi yang sangat baik terhadap riding skill pembalap. Setelah dua seri memahami skill berkendara dari Yamaha Riding Analyzer, di seri 3 ini akan banyak kejutan dari seluruh rider untuk bersaing menjadi nomor satu,” ungkap Supriyanto, Manager Motorsport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Di final YSR 2016, Yamalube juga akan memberikan reward untuk peserta yang menggunakan Oli Yamalube Racing dan pemenang (juara 1) dalam setiap kelasnya akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 1,5 juta dan special price.(SN-09)

SIMANTAB.COM – Manajemen Manchester United akhirnya mencapai kesepakatan dengan Jose Mourinho, untuk menangani The Red Devil musim depan. Pihak MU merencanakan, akan mengumumkan pengangkatan The Spesial One sebagai manajer baru, hari ini, Jumat (27/05/2016).

 

Disadur dari Tribun Medan, yang mengutip laporan kantor berita BBC, disebutkan, negosiasi alot selama tiga hari antara pihak Manchester United dan agen Mourinho, Jorge Mendes, berakhir Kamis (26/05/2016). Kedua belah pihak mencapai kata sepakat, tetapi belum ada penandatanganan kontrak. Alotnya negoisasi antara kedua belah pihak, dikabatkan karena citra pelatih asal Portugal.

 

Atas dasar itu jualah, manajemen Setan Merah mempercepat proses negosiasi dengan Mourinho. Mereka terbang ke London agar perekrutan Mourinho bisa rampung pekan ini.

Sky Sports melansir Mourinho dan terlihat bertemu dengan wakil presiden Man United, Ed Woodward, di salah satu hotel di London, Kamis (26/5/2016). Dia dipercaya sudah sepakat melatih di Setan Merah untuk tiga tahun ke depan.

Dari pengamatan Sky Sports, Mourinho meninggalkan rumah pukul 14.50 atau 20.50 WIB menuju sebuah hotel di pusat Kota London. Pukul 17.20 atau 23.20 WIB, Mourinho keluar dari hotel dengan menenteng boto anggur merah dan sejumlah dokumen. Posisi manajer MU tengah kosong sejak Senin (23/05/2016) seusai pemecatan Louis van Gaal. (Sn-02)

 

SIMANTAB.COM, Milan - Zinedine Zidane baru saja mengantar Real Madrid menjadi juara Liga Champions. Namun kelanjutan masa depannya sebagai pelatih Madrid masih jadi tanda tanya.

Los Blancos keluar sebagai juara Liga Champions usai mengalahkan Atletico Madrid di babak final. Dalam pertandingan yang digelar di San Siro, Minggu (29/5/2016) dinihari WIB, Madrid menang lewat adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 1-1.

Dengan kesuksesan ini, Zidane kini masuk ke jajaran elit pelatih yang juga pernah juara saat masih menjadi pemain. Dia menjadi orang ketujuh yang menorehkan catatan istimewa tersebut.

"Pada akhirnya, meraih Liga Champions adalah perasaan terbaik sama seperti menjuarai Piala Dunia," ujar Zidane yang memenangi Piala Dunia 1998 bersama Prancis seperti dikutip dari sky sport.

"Setelah semua kerja yang kami lakukan, saya sangat bangga, ini adalah pekerjaan yang fenomenal. Saya senang karena saya sudah jadi bagian dari klub hebat ini untuk waktu yang lama. Saya merasa sangat bangga."

Zidane mengambil alih posisi pelatih Madrid pada Januari lalu menggantikan Rafael Benitez yang dipecat. Di bawah arahan Zidane, Madrid yang sempat tertinggal jauh dari Barcelona di La Liga mampu menjadi pesaing juara sampai pekan terakhir.

Masa depan jangka panjang Zidane sebagai pelatih Madrid hingga kini masih jadi tanda tanya. Kendati demikian, Zidane masih belum ingin memikirkannya.

"Masa depan? Kita lihat saja, sekarang ayo nikmati saja kesuksesan ini," katanya. (SN-01)

SIMANTAB.COM, Milan - Real Madrid tampil sebagai juara Liga Champions 2015/2016. Mereka menjadi juara setelah mengalahkan Atletico Madrid via babak adu penalti.

Dengan demikian, Madrid pun sukses meraih gelar juara ke-11 mereka di turnamen ini; 'La Undecima', demikian mereka melabelinya. Los Blancos kembali sukses menundukkan Atletico, rival sekota sekaligus lawan mereka di final dua tahun lalu.

Seperti dikutip dari detiksport, Setelah bermain 1-1 selama 120 menit, pertandingan ini dilanjutkan ke babak adu penalti. Di babak tos-tosan tersebut, penendang keempat Atletico, Juanfran, gagal. Tendangannya menerpa tiang gawang dan membuat Atletico tertinggal 4-3.

Penendang kelima Madrid, Cristiano Ronaldo, pun mendapatkan makanan empuk. Ia tidak membuang peluang yang sudah ada di depannya. Tendangannya masuk, mengubah skor menjadi 5-3, dan membawa Madrid meraih trofi juara Liga Champions musim ini.

Jalannya Pertandingan

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion San Siro, Milan, Minggu (29/5/2016) dini hari WIB, Madrid langsung tampil menekan setelah kick-off dilakukan. Di sisi lain, Atletico juga berani tampil terbuka. Mereka tidak hanya sekadar menunggu Madrid melakukan serangan, lalu balas melakukan serangan balik.

Kendati begitu, Madrid tampil lebih dominan. Berulang kali, serangan mereka --yang kebanyakan diawali oleh umpan silang dan umpan panjang langsung ke depan-- banyak membahayakan pertahanan Atletico. Peluang pun mereka dapatkan ketika pertandingan baru berjalan lima menit.

Berawal dari pelanggaran Filipe Luis terhadap Gareth Bale, Madrid mendapatkan tendangan bebas tak jauh dari kotak penalti Atletico. Bale sendiri yang mengeksekusi tendangan bebas tersebut.

Dari tendangan bebas Bale, yang dieksekusi dengan kaki kiri, bola menusuk ke depan gawang Atletico. Casemiro pun langsung menyambarnya sebelum bola menyentuh tanah. Sial bagi Casemiro, tendangannya masih bisa ditepis kiper Atletico, Jan Oblak, dengan kakinya.

Ketika pertandingan memasuki menit ke-15, Madrid kembali mendapatkan tendangan bebas. Dari tendangan bebas inilah, yang kali ini dieksekusi oleh Toni Kroos, Madrid meraih keunggulan.

Tendangan bebas Kroos disambut dengan sundulan oleh Bale. Bola yang melambung ke depan gawang Atletico setelah disundul Bale itu lantas disambar oleh Sergio Ramos dengan sepakan datar. Kali ini, Oblak tidak mampu menghalaunya. Madrid unggul 1-0.

Tertinggal dari rival sekota, Atletico tidak panik. Mereka tidak lantas terburu-buru untuk langsung menghambur ke depan dan menggempur pertahanan Madrid. Beberapa kali, mereka memutar-mutar bola di tengah, sebelum akhirnya melepaskan umpan terobosan ke depan ketika celah sudah terbuka.

Namun demikian, Madrid juga terbilang disiplin dalam bertahan. Trio Casemiro-Luka Modric-Toni Kroos tidak pernah berdiri terlalu jauh dari lini pertahanan Madrid sehingga membuat Atletico kesulitan untuk menemukan celah.

Dua peluang sempat didapatkan Atletico via Antoine Griezmann. Namun, satu tendangan Griezmann terlalu pelan sehingga dengan mudah ditangkap oleh Keylor Navas. Sementara, sepakan Griezmann lainnya melebar tipis di sisi kanan gawang Madrid.

Babak pertama berakhir setelah injury time selama satu menit selesai. Gol Ramos jadi pembeda di paruh pertama ini.

Babak kedua kemudian diawali dengan sebuah kejadian, yang kemudian membuat cerita final 2015/2016 ini menjadi lebih menarik. Baru beberapa saat pertandingan paruh kedua berjalan, Atletico mendapatkan penalti setelah Pepe melakukan pelanggaran terhadap Fernando Torres.

Griezmann kemudian mengeksekusi tendangan penalti itu. Namun, tidak ada gol yang tercipta setelahnya. Tendangan kaki kiri Griezmann menerpa mistar gawang dan bola kemudian memantul jauh. Ini adalah penalti kedua Griezmann musim ini, ketika menghadapi Madrid, dan dua-duanya gagal.

Tidak lama setelah penalti itu, pelatih Atletico, Diego Simeone, tampak memberikan sedikit wejangan dan menyemangati Griezmann di pinggir lapangan. Simeone kemudian menepuk anak buahnya itu dan mempersilakannya untuk main kembali.

Atletico tampil lebih agresif di babak kedua ini. Dengan masuknya Yannick Ferreira Carrasco --menggantikan Augusto--, mereka banyak menekan dari sisi sayap kiri. Beberapa kali mereka juga memaksa Madrid untuk bertahan amat dalam.

Kendati begitu, Madrid masih sempat memberikan ancaman untuk gawang Atletico. Pada menit ke-69, sebuah serangan balik Madrid diakhiri dengan sepakan Karim Benzema dari dalam kotak penalti. Sial bagi Benzema, dan juga Madrid, tendangan bomber asal Prancis itu masih bisa ditepis oleh Oblak.

Tidak beberapa lama setelahnya, gantian peluang Bale yang gagal. Tendangan keras datar pemain asal Wales itu dihalau pemain Atletico tepat di depan garis gawang Atletico.

Pada akhirnya, Atletico berhasil menyamakan kedudukan. Ketika pertandingan menginjak menit ke-79, Carrasco --si pemain pengganti-- membobol gawang Madrid.

Gol bermula dari sebuah serangan dari sisi kanan (atau kiri pertahanan Madrid). Umpan silang dari Juanfran langsung disambar oleh Carrasco yang berada di depan gawang Madrid. Skor pun berubah menjadi 1-1.

Setelah gol tersebut, Madrid masih sempat mendapatkan peluang lewat Ronaldo. Menerima umpan terobosan dari Bale, Ronaldo berusaha mengecoh Oblak dan melepaskan sepakan. Namun, sepakan Ronaldo dengan cepat dihalau oleh Oblak.

Sama seperti final dua tahun lalu, pertandingan pun dilanjutkan ke babak tambahan.

Di babak tambahan, tidak banyak peluang tercipta. Namun, sebelum babak tersebut dimulai, beberapa pemain Madrid seperti Ronaldo dan Bale tampak mengalami kram. Mereka pun langsung mendapatkan perawatan dari fisioterapis tim.

Kendati demikian, para pemain Madrid tersebut masih bisa lanjut bermain. Yang tidak bisa melanjutkan permainan malah bek Atletico, Filipe Luis, yang mengalami cedera di pangkal pahanya. Luis pun digantikan oleh Lucas Hernandez.

Menjelang akhir babak tambahan, Madrid menggempur pertahanan Atletico. Namun, dua kali peluang mereka gagal lantaran terlalu lama untuk melepaskan sepakan. Dua kali juga usaha mereka digagalkan oleh blok pemain-pemain bertahan Atletico.

Laga pun dilanjutkan ke babak adu penalti.

Di babak adu penalti, hanya satu penendang yang gagal, yakni Juanfran. Namun, gagalnya tendangan Juanfran --yang mengenai tiang gawang-- sudah cukup untuk memukul Atletico.

Penendang kelima Madrid, Ronaldo, menjalankan tugasnya dengan baik. Madrid menang 5-3 lewat adu penalti dan keluar sebagai juara.

Adu Penalti

Real Madrid
1. Lucas Vazquez - gol
2. Marcelo - gol
3. Gareth Bale - gol
4. Sergio Ramos - gol
5. Cristiano Ronaldo - gol

Atletico Madrid
1. Antoine Griezmann - gol
2. Gabi - gol
3. Saul Niguez - gol
4. Juanfran - gagal

Susunan Pemain
Real Madrid: Navas, Carvajal (Danilo 51), Pepe, Ramos, Marcelo, Kroos (Isco 72), Casemiro, Modric, Bale, Ronaldo, Benzema (Lucas Vazquez 77).

Atletico Madrid: Oblak, Juanfran, Savic, Godin, Filipe Luis (Lucas Hernandez 108), Koke, Gabi, Augusto (Carrasco 45), Saul, Torres, Griezmann.(SN-08)

SIMANTAB.COM - Liga Champions Eropa musim 2015/2016 akhirnya mencapai puncak. Minggu (29/5/2016) dinihari WIB, Real Madrid dan Atletico Madrid akan berjibaku di Stadion San Siro kota Milan, untuk memperebutkan status jawara Eropa musim ini.

Sebelumnya mungkin tak akan ada yang menyangka bahwa final Liga Champions musim ini akan kembali menghadirkan Derby Madrid. Bayern Munich dan Barcelona yang diunggulkan ternyata harus tersingkir lebih dini. Kesebelasan yang menaklukkan Bayern dan Barca adalah Atletico.

Menurut ulasan yang dilansir dilaman sport.detik.com, Atletico mungkin berada di atas angin karena mampu mengalahkan dua kandidat juara Liga Champions musim ini. Namun, Madrid pun tengah dalam form yang luar biasa dan memiliki catatan pernah mengalahkan Atletico di final Liga Champions dua tahun silam.

Lantas siapa yang kali ini akan mengangkat trofi "Si Kuping Besar"?

Menghancurkan Tembok Pertahanan Atletico dengan Umpan Silang

"Defends wins title", katanya. Dengan gaya bermain yang mengutamakan kekuatan di lini pertahanan, Atletico yang dibesut Diego Simeone pun kerap menjadi batu sandungan kesebelasan-kesebelasan besar untuk bisa menjuarai sebuah kompetisi.

Meski banyak tidak disukai, nyatanya filosofi tersebut memang memberikan sejumlah kesuksesan bagi Atletico. Sejak Diego Simeone menangani Atletico pada 2011, trofi-trofi berdatangan ke lemari Atletico. Dimulai dari Liga Europa pada musim pertamanya, hingga menjuarai La Liga pada musim 2013/2014.

Total Simeone telah mempersembahkan lima trofi untuk Atleti. Dan semua trofi tersebut didapatkan dengan cara bermain yang sama, yakni menekankan kekuatan pada kordinasi lini pertahanan. Ungkapan "Defends wins title", terbukti bukan omong kosong belaka bersama Simeone.

[Clive Rose/Getty Images]

Musim ini, kekuatan pertahanan Atletico semakin menjadi-jadi. Di La Liga, mereka hanya kebobolan 18 kali dari 38 pertandingan. Jumlah ini bahkan lebih sedikit dibanding pada 2014 saat mereka menjuarai La Liga (26 kebobolan).

Dari 57 pertandingan yang dijalani Atletico pada musim ini di segala ajang, 35 di antaranya berhasil tidak kebobolan. Jumlah kebobolannya sendiri hanya 26 gol. Jumlah kebobolan ini merupakan yang paling sedikit dibanding kesebelasan manapun di liga Eropa.

Solidnya lini pertahanan Atletico memang bisa dibilang membuat lini depan lawan ketakutan. Namun bukan berarti tak bisa dikalahkan. Toh, tak hanya satu dua kesebelasan yang mampu mengalahkan Atletico yang musim ini memiliki lini pertahanan yang super kokoh.

Tercatat ada delapan kesebelasan yang mengalahkan Atletico. Tak semuanya kesebelasan besar. Selain Bayern dan Barcelona yang sekali menang di Liga Champions, kesebelasan seperti Benfica, Malaga, Celta Vigo, Sporting Gijon, Villareal, dan Levante pun bisa mengalahkan Atletico musim ini.

Barca menjadi kesebelasan yang mampu menaklukkan Atletico tiga kali musim ini. Di La Liga, pada dua pertemuannya pertandingan selalu berakhir dengan skor 1-2 untuk Barca. Di Liga Champions, Barca sendiri kalah dengan agregat 2-3 (kalah 0-2 di Vicente Calderon setelah menang 1-2 di Camp Nou).

Jika dilihat dari kekalahan-kekalahan Atletico musim ini, sebanyak enam kali mereka sebenarnya mampu unggul lebih dulu. Bahkan dalam tiga pertemuan melawan Barca, tiga kali pula Atletico kalah meski sempat unggul lebih dulu. Levante, Sporting Gijon, dan Benfica pun berhasil menang setelah Atleti mencetak gol terlebih dahulu.

Ada indikasi Atletico akan bermain agresif untuk menyerang di awal-awal permainan. Setelah mampu mencetak gol, Atleti akan habis-habisan memperketat lini pertahanan, sambil melancarkan skema serangan balik dengan mengandalkan umpan-umpan terobosan pada Antoine Griezmann atau Fernando Torres. Sebanyak 11 pertandingan Atletico menang dengan skor 1-0.

Sementara itu, dalam kekalahan Atletico ada tren bagaimana mereka selalu kebobolan ketika menghadapi umpan silang. Dari 19 gol yang bersarang ke gawang Atleti ketika kalah, 11 gol di antaranya bersumber dari skema umpan silang, entah itu umpan silang mendatar ataupun melambung. Lainnya, satu yang berasal dari skema tendangan bebas dan sisanya dari serangan lewat tengah.

Skema umpan silang boleh jadi akan menjadi cara Madrid menaklukkan Atletico pada final kali ini. Skema umpan silang pun sebenarnya menjadi penakluk Atletico pada final 2014 silam. Selain gol Sergio Ramos yang memanfaatkan sepak pojok, gol Gareth Bale yang membuka kran gol Real Madrid pada babak tambahan pun berasal dari umpan silang Angel Di Maria.

Atletico Harus Meniru Apa yang Dilakukan Wolfsburg

Berbicara pertemuan kedua tim, Atletico sebenarnya boleh percaya diri jika melihat statistik pertemuan. Nyatanya, usai kalah di final 2014 yang berlangsung di Lisbon, Atletico tak pernah kalah lagi dari Madrid meski keduanya bertemu sebanyak 10 kali.

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, Atletico pun memiliki modal pernah mengalahkan Bayern dan Barca (serta PSV Eindhoven) untuk melangkah ke final di babak fase gugur. Catatan tersebut lebih mengilap jika dibandingkan dengan Madrid yang "hanya" mengalahkan AS Roma, Wolfsburg, dan Manchester City di fase gugur.

Namun, Madrid tak akan mudah dikalahkan. Setelah kursi kepelatihan berpindah tangan dari Rafael Benitez ke Zinedine Zidane, Madrid tampil luar biasa. Sejak ditangani Zidane, Madrid menorehkan 21 kemenangan dan tiga kali seri dari 26 pertandingan.

[Getty Images/Clive Mason]

Berkat Zidane pula Madrid terus menempel Barca di perburuan gelar La Liga. Walau pada akhirnya tetap gagal mengudeta puncak klasemen pada akhir kompetisi, apa yang ditunjukkan Zidane bersama anak asuhnya tetap luar biasa, dengan torehan 12 kemenangan beruntun.

Hanya saja Atletico mungkin sudah memiliki formula untuk mengalahkan Madrid-nya Zidane. Bersama Zidane, Madrid baru mengalami dua kali kekalahan. Selain dikalahkan Wolfsburg di Liga Champions, satu kekalahan lainnya terjadi di La Liga, dan Atletico adalah pelakunya.

Atletico kala itu mengalahkan Madrid dengan susah payah. Atletico yang biasanya mampu mencetak gol pada babak pertama, harus menunggu menit ke-52 di mana Griezmann yang berkordinasi dengan Filipe Luis menaklukkan Keylor Navas.

Dari dua kekalahan Madrid, satu kesamaannya adalah mereka selalu unggul mutlak perihal penguasaan bola. Melawan Wolfsburg, Madrid berhasil menguasai 61% penguasaan bola, sementara saat ditaklukkan Atletico penguasaan bola Madrid mencapai 66%.

Cara yang paling jitu sebenarnya cara yang dilakukan Wolfsburg kala menaklukkan Madrid dengan skor 2-0. Meski hanya melepaskan 10 tembakan, tujuh di antaranya berhasil on target. Berbeda dengan Atletico yang melepaskan 9 tembakan, satu menjadi gol dari lima on target.

Wolfsburg sendiri berhasil menang karena sukses menaklukkan sisi kiri pertahanan Madrid. Dua gol yang dicetak (satu lewat penalti), di mana kedua tercipta pada babak pertama, berasal dari serangan yang masuk melalui sisi kiri pertahanan Real Madrid. Saat itu Madrid menurunkan Marcelo pada pos bek kiri. Kala itu, Henrique yang berposisi sebagai gelandang kanan Wolfsburg berhasil membuat Madrid kocar-kacir.

Marcelo memang full-back yang sangat rajin melakukan overlap. Kemampuannya dalam melepas umpan silang dan penetrasi ke kotak penalti lawan menambah daya ledak serangan Madrid dari sisi kiri.

Namun, hal itu kerap kali menjadi bumerang. Wolfsburg adalah satu-satunya kesebelasan yang berhasil mengeksploitasi sisi kiri pertahanan Madrid. Apalagi saat itu, Madrid tampil dengan kekuatan terbaiknya, kekuatan yang memungkinkan akan ditampilkan sejak menit pertama pada laga final menghadapi Atletico Madrid kali ini. 


Kesimpulan

Pertemuan kali ini tak akan sama seperti pertemuan pada dua tahun silam. Tak ada nama Iker Casillas, Fabio Coentrao, Angel Di Maria, dan Sami Khedira di kubu Madrid kali ini, begitu juga dengan Thibaut Courtois, Miranda, Diego Costa, dan David Villa yang telah meninggalkan Atletico.

Partai final pun akan menyajikan penampilan terbaik kedua kesebelasan. Atletico tampil dengan tanpa satu pun pemain yang absen. Sementara di kubu Madrid hanya Raphael Varane yang absen karena cedera. Cristiano Ronaldo, yang sempat mengalami cedera menjelang laga ini, pun telah dipastikan akan tampil dengan kekuatan 100%.

Kedua kesebelasan memiliki kans untuk menang. Kedua kesebelasan memiliki kelemahan yang terilhat di lini pertahanan mereka. Tinggal bagaimana kedua kesebelasan mampu mengeksploitasi kelemahan lawan masing-masing.

Kami memprediksi Madrid akan menang untuk meraih trofi ke-11 Liga Champions mereka. Skema umpan silang bukan tak mungkin dilakukan oleh Madrid yang akan menurunkan Benzema, Bale, Cristiano di lini depan. Belum lagi Madrid tampil begitu meyakinkan semenjak dilatih Zidane. Sementara Atletico sempat mengendur menjelang musim berakhir setelah dikalahkan Bayern dan Levante secara beruntun. (SN-08)

SIMANTAB.COM – Manajemen Manchester United akhirnya mencapai kesepakatan dengan Jose Mourinho, untuk menangani The Red Devil musim depan. Pihak MU merencanakan, akan mengumumkan pengangkatan The Spesial One sebagai manajer baru, hari ini, Jumat (27/05/2016).

 

Disadur dari Tribun Medan, yang mengutip laporan kantor berita BBC, disebutkan, negosiasi alot selama tiga hari antara pihak Manchester United dan agen Mourinho, Jorge Mendes, berakhir Kamis (26/05/2016). Kedua belah pihak mencapai kata sepakat, tetapi belum ada penandatanganan kontrak. Alotnya negoisasi antara kedua belah pihak, dikabatkan karena citra pelatih asal Portugal.

 

Atas dasar itu jualah, manajemen Setan Merah mempercepat proses negosiasi dengan Mourinho. Mereka terbang ke London agar perekrutan Mourinho bisa rampung pekan ini.

Sky Sports melansir Mourinho dan terlihat bertemu dengan wakil presiden Man United, Ed Woodward, di salah satu hotel di London, Kamis (26/5/2016). Dia dipercaya sudah sepakat melatih di Setan Merah untuk tiga tahun ke depan.

Dari pengamatan Sky Sports, Mourinho meninggalkan rumah pukul 14.50 atau 20.50 WIB menuju sebuah hotel di pusat Kota London. Pukul 17.20 atau 23.20 WIB, Mourinho keluar dari hotel dengan menenteng boto anggur merah dan sejumlah dokumen. Posisi manajer MU tengah kosong sejak Senin (23/05/2016) seusai pemecatan Louis van Gaal. (Sn-02)

 

SIMANTAB.COM – Ajang bergengsi Yamaha Sunday Race (YSR) akan menuju puncaknya Sabtu-Minggu (28-29 Mei 2016) di Sentul International Circuit. Ajang balap yang diselenggarakan oleh Yamaha untuk mengakomodir hobi balap pengguna R Series ini telah sukses dalam dua seri sebelumnya pada Maret dan April lalu.

Pertarungan sengit dipastikan mewarnai race untuk menjadi jawara di YSR 2016 ini. “Antusias rider baik pro maupun dari komunitas sangat besar terhadap YSR. Seri 1 dan 2 bisa kita lihat semakin bertambah jumlah rider yang ikut berpartisipasi. Rider yang ikut juga punya ambisi untuk menang. Di seri 3 atau putaran final kali ini bisa saya pastikan akan semakin seru perebutan juara di seluruh kelas,” kata Robby Winaldy, Koordinator YSR PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), seperti dikutip dari viva.co.id

Seperti diketahui pada hasil seri 1 dan 2, persaingan juara di seluruh kelas selalu berubah. Ini menunjukkan peluang seluruh rider untuk menjadi sama besar. Apalagi, pada ajang YSR, Yamaha konsisten dan berkomitmen dalam meningkatkan riding skill rider melalui program Yamaha Riding Analyzer. Program yang ditujukan untuk menganalisis kemampuan riding pembalap ini banyak diminati oleh rider dan dijadikan pedoman evaluasi untuk menghadapi race selanjutnya.

”Skill rider di tiap seri semakin meningkat. Program Yamaha Riding Analyzer banyak memberikan kontribusi yang sangat baik terhadap riding skill pembalap. Setelah dua seri memahami skill berkendara dari Yamaha Riding Analyzer, di seri 3 ini akan banyak kejutan dari seluruh rider untuk bersaing menjadi nomor satu,” ungkap Supriyanto, Manager Motorsport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Di final YSR 2016, Yamalube juga akan memberikan reward untuk peserta yang menggunakan Oli Yamalube Racing dan pemenang (juara 1) dalam setiap kelasnya akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 1,5 juta dan special price.(SN-09)

SIMANTAB.COM - Semakin tingginya teknologi yang terus meningkat dalam industri otomotif sedikit banyak membuat para pengrajin otomotif mau tak mau harus mengikuti trend yang ada saat ini termasuk juga para pembut motor trail yang saat ini bisa di bilang cukup banyak di gemari masyarakat di Indonesia. Memiliki sebuah motor trail atau cross tentunya menjadi sebuah pilihan yang tepat dan pas untuk anda yang hobi melintasi jalanan off-road yang begitu banyak memiliki rintangan dan halangan.

Tetapi menariknya, dengan memiliki motor cross anda juga bisa menggunakan kendaraan tersebut bukan hanya di jalanan terjal yang penuh dengan rintangan melainkan anda juga bisa menggunakan motor yang satu ini di jalanan yang halus dan rata. Dilain sisi, saat ini bisa di bilang Indonesia banyak di penuhi dengan pilihan motor trail dari yang berharga puluhan juta rupiah hingga harga motor trail murah yang siap menggoda para pecinta motor trail dengan beraneka ragam kemampuan dan teknologi yang di sertakannya.

Dan bila berbicara soal motor trail, mungkin hampir semua masyarakat di Indonesia tahu betul dengan motor trail keluaran Kawasaki yang sudah terbukti cukup handal dalam melewati semua medan jalanan. Mulai dari Kawasaki seri KX hingga Kawasaki KLX dua seri tersebut cukup mencuri perhatian para pecinta motor trail di Indonesia. Selain harga motor trail kawasaki yang di bandrol cukup terjangkau, beragam teknologi canggih pun diselipkan di dalamnya sehingga membuat handling terasa nyaman dan aman. Bukan saja hanya Kawasaki, di Indonesia juga terdapat beberapa motor trail murah sepereti motor buatan Honda, Viar dan juga Suzuki, yang mana semua motor trail tersebut bisa menjadi satu pilihan cocok bagi anda yang saat ini sedang mencari motor trail murah dengan kualitas terbaik. Oya ada satu lagi nih motor trail yang juga cukup populer di Indonesia yakni motor trail dari KTM dengan seri KTM 250 SX-F. Nah bagi sobat otomotif yang lagi bingung mungkin rekomendasi Harga Motor Trail Murah berikut bisa bermanfaat.

 Motor Trail Murah Terbaik

6 Motor Trail Murah Terbaik

6 Motor Trail Murah Terbaik

1. Kawasaki KLX 150

Kawasaki KLX 150 menjadi salah satu motor trail murah dan terlaris di Indonesia yang cocok untuk anda pilih, dimana dengan harganya yang saat ini di bandrol Rp 26.800.000 juta rupiah, Kawasaki membuat kendaraan ini dengan membawa mesin 4 tak berteknologikan SOHC serta memiliki sistem pendingin berupa Air cooled serta mempunyai kubikasi mesin 144 cc yang dipadukan dengan transmisi dengan 5 speed. Dirangkainya motor yang satu ini dengan deretan teknokogi canggih terebut menjadikan Kawasaki KLX 150 dapat menyemburkan power maksimum 12 PS pada setiap putaran mesin 8000 rpm dan mampu memberikan daya torsi maksimum hingga 11.3 N.m setiap berada pada putara 6,500 rpm.

2. Kawasaki KLX 250

Kawasaki KLX 250

Kawasaki KLX 250

Bukan saja hanya memiliki motor Kawasaki KLX 150, Kawasaki ini juga memiliki motor trail murah lain yakni Kawasaki KLX 250. Motor ini sangat cocok bagi anda yang memiliki hobi adventure karena kendaraan ini memiliki power serta akselarasi yang cukup seimbang. Dimana power dan akseslerasi yang akan didapat berasal dari mesin 4 tak berekapasitas 249 cc berteknologi DOHC dengan 4 katup yang memiliki pendingin cairan serta di milikinya transimi dengan 6 percepatan. Sehingga tak heran bila motor trail murah ini bisa menyemburkan maksimum power 18.0 Kw per 9000 rpm serta torsi maksimum 21Nm per 7000rpm. Dan bila becakap masalah harga, anda harus membayar sekitar Rp 61.900.000 juta rupiaah untuk bisa membawanya pulang. 

3. Kawasaki KX 65

Kawasaki KX 65

Kawasaki KX 65

Masih dari koleksi motor trail murah kawasaki, kali ini ada Kawasaki KX 65 yang bisa menjadi pilihan baru untuk sobat otomotit yang sedang mencari motor cross murah. Selain desainnya yang ringan dan juga mungil, motor ini juga ditenagai mesin berkapasitas 64 cc dengan tipe mesin 2 tak. Yang menariknya dengan harga sekitar Rp 36.900.000, Kawasaki juga melengkapi kendaran ini dengan fitur hi-tech yang mana fitur ini sudah terbukti dalam dunia balap, jadi tak heran saat ini banyak masyarakat Indonesia yang menjadikan motor trail murah kawasaki KX 65 ini sebagai motor balap off-road. Terlebih selain tangguh dalam urusan mesin motor ini juga di buat menggunakan suspensi yang cukup sempurna untuk dapat melalui semua jalanan off-road yang di lalui.

4. Suzuki Trail DR200S

Suzuki Trail DR200S

Suzuki Trail DR200S

Diposisi keempat motor trail murah ada motor keluaran Suzuki dengan seri Suzuki Trail DR200S, motor ini hadir dengan mesin berkapasitas 199 cc dengan membawa 1 buah silinder 4 tak yang diperkuat dengan beberpa teknoklogi canggih, sehingga mampu membuat semburan tenaga yang cukup besar dan pastinya cocok untuk berpetualang di medan yang berat. Suzuki Train DR200S sebenarnya merupakan satu motor lawas yang di keluarkan Suzuki pada tahun 2014 lalu, namun dengan harga $4,499 atau sekitar 34 juta rupiah kendaraan ini masih cukup populer menjadi motor trail murah yang banyak di idolakan masyarakat Indonesia. Apalagi ditambahnya transmisi dengan 5 percepatan tentusaja membuatnya semakin gahar.

5. Viar Croos X200

Viar Croos X200

Viar Croos X200

Jangan salah, Indonesia juga punya salah satu pabrikan motor trail yang cukup ternama yakni Viar, yang mana pabrikan otomotoif ini berhasil menghadirkan Viar Cross X200 sebagai seri motor trail murah dimana bagi anda yang tertarik memilikinya saat ini andaharus mengeluarkan budget sekitar Rp 18.300.000 juta rupiah. Harga tersebut memang sangat pas dan cocok untuk sebuah motor besutan anak bangsa karena Viar Cross X200 sendiri memiliki mesin 4 tak dengan teknologi SOHC dan sudah menggunakan 5 percepatan. Kendati harganya jauh lebih murah di bandingkan dengan seri motor diatas, namun motor ini sama-sama memiliki tenaga 200 cc yang mampu membuat motor ini cukup mudah melalui berbagai jalanan.

6. Honda CRF250L

Honda CRF250L

Honda CRF250L

Bukan saja hanya Kawasaki, Suzuki dan juga Viar, anda juga bisa menjadikan Honda CRF250L sebagai pilihan tepat motor trail murah dengan tenaga yang prima. Pasalnya memiliki harga sekitar 60 jutaan, kendaraan ini mampu memberikan setiap penggunanya mearsakan kenyamanan. Hal ini tentu saja karena seperti namaya Honda CRF250L memiliki mesin berkapasitas 250 cc yang di perkuat dengan tipe mesin 4 tak berpendingin liquid dengan perbandingan kompresi 13.5 : 1. Tenaga yang di hasikan dari motor trail murah ini tentu saja tak usah lagi anda ragukan, apalagi Honda CRF250L juga di lengkapi dengan kerangka dan juga kaki-kaki yang cukup kokoh sehingga siap menerjang semua medan jalan yang. Sebenarnya masih cukup banyak seri motor trail murah yang dapat sobat otomotof pilih dan jadikan sebagai motor kesayangnya. Namun dari sekian banyak mungkin seri diataslah yang cukup banyak di gandrungi dan di incar pada pecinta motor cross, bukan saja hanya karena harganya yang murah, namun dari keenam motor trail murah yang ada di atas, hampir semuanya memiliki performa yang tangguh dan juga mantap karena memang didalamnya setiap masing-masing vendor memberikan serangkaian spesifiaksi dan juga mesin yang berkualitas. Nah bagaimana tertarik membeli motor trail murah yang mana sobat otomotif ?? “SALAM OTOMOTIF”

Advertisement

Top Stories

Grid List

SIMANTAB.COM, Jakarta -  Raffi Ahmad dan Nagita Slavina telah menikah lebih dari satu tahun lamanya. Dari rumah tangga itu, keduanya dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Rafathar Malik Ahmad. Raffi Ahmad dan Nagita Slavina memang selalu menjadi sorotan publik karena kehidupan pernikahannya yang terlihat sempurna.

Namun, dibalik hubungan mereka, banyak juga masyarakat yang menilai hubungan mereka terlihat berlebihan, termasuk Ayu Ting Ting. Hal ini ia tunjukkan kala tampil di sitkom di salah satu stasiun televisi swasta seperti dilansir liputan6

Seakan-akan iri dengan kemesraan Raffi dan Gigi, Ayu Ting Ting melontarkan kalimat pedas terkait hubungan pernikahan sahabatnya. "Eh dasar norak lu, laki-bini (suami-istri) sok-sokan romantis lu, entar juga lama-lama lu bubar," ujar Ayu Ting Ting.

Memang, ketidaksukaan yang ditunjukan oleh Ayu Ting Ting tidak bermaksud benar alias bercanda. Tapi, karena candaannya yang termasuk kelewatan ini, ia malah dihujat oleh netizen.Mendengar perkataan Ayu Ting Ting, membuat para penonton serta Raffi Ahmad dan Nagita Slavina langsung kaget dibuatnya. Gigi pun langsung mengatakan,"Allahuakbar!" Sambil memeluk sang suami, Gigi tampak sangat terkejut mendengar kalimat yang terlontar dari salah satu sahabat sang suami. Raffi Ahmad pun tak kalah kaget. Wajahnya menunjukkan ekspresi ketakutan. 

Beberapa netizen pun langsung menuliskan kekesalannya karena omongan Ayu Ting Ting yang kelewatan. Kebanyakan dari netizen menyesalkan perkataan Ayu Ting Ting yang mungkin hanya sebatas bercanda saja.

Seperti salah satu netizen menuliskan, "Satu aja mba, kalo mau ngelucu ya ngelucu yg sehat, masa dari kemarin alasannya mau ngelucu atau apa kena imbasnya (kasus yg Katanya mau "ngelucu") anda dibayar loh, artis itu panutan fansnya, jd jangan buat kecewa fans2 kamu dengan perbuatan, jgn ujung2nya bilang khilaf, kasian mereka yg kena imbas dengan kata2 kamu, itu aja sih, ini kritik loh, bukan bashing ya, makasih." 

"Mgkn niatnya bercanda... tnp tau becandaan nya itu kelewat batas atau tidak... yaaa semoga raffi dan gigi bisa makhlumi aja terutama buat gigi pst bener kaget dgr becandaan dr ayu bgitu sabar yah gigi... mudah2an raffi dan gigi baik2 aja dan buat kak ayu sdkit dirubah yah tutur kata becandanya, goodluck buat kalian," tulis akun @putriaurellia13.

"Sekedar kritik aja smg ayu ting ting bisa menerima...candaan atau lawakan ny jgn brlebihan...niatny brcanda tp beda ora lain org beda persepsi saya lihat juga kaget..ko sampai ngomong bgtu yaa...giginya kaget bgt," tulis @asmarina0109.

Atau salah satu netizen yang merasa jengah dengan candaan Ayu Ting Ting yang semakin kelewatan, "kok mulut ayu makin hari makin ngejablak aja .. Ngehibur2 sih tapi gak segituny juga."(SN-02)

 

Upcoming Events

Advertisement