Published On: Sat, Jul 13th, 2013

PNSTaput Dikerahkan Hadiri Deklarasi Saurma

Share This
Tags
 Tampak Kakan Satpol PP Pemkab Taput dan Kabag Tapem menghadiri deklarasi pasangan Saurman


Tampak Kakan Satpol PP Pemkab Taput dan Kabag Tapem menghadiri deklarasi pasangan Saurman

Taput simantab.com Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilarang terlibat politik praktis dan harus bersikap independen dalam hal yang berbau pemilihan umum, seperti pilkada, untuk mendukung calon tertentu.

Namun sepertinya aturan itu diabaikan para PNS yang ada di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput). Ini terbukti saat pendeklarasian pasangan kandidat Bakal Calon (Balon) Bupati Saur Lumban Tobing dan Wakil Bupati Manerep Manalu (Saurma) untuk mengikuti Pilkada pada 10 Oktober mendatang.

Dengan kata lain sebagai penguasa saat ini, Bupati Taput Torang Lumban Tobing (Toluto) ‘mengerahkan’ para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di daerah itu untuk menghadiri pendeklarasian pasangan Saurma. Dimana Saur merupakan adik dariToluto sendiri..

Pendeklarasian pasangan ini dihadiri sejumlah pejabat Pemkab Taput, para PNS, dan guru, Jumat (12/07/2013) di Lapangan Serbaguna, Tarutung. Tak merasa takut akan peraturan dan hukum di Indonesia, para pejabat pemkab sudah hadir sebelum acara dimulai. Para pejabat tersebut justru asyik untuk mempersiapkan hal-hal yang diperlukan dalam acara deklarisi pasangan Saurma ini.

Para pejabat yang hadir tampak kepala dinas, kepala bagian, kepala kantor dan camat dari 15 kecamatan di Taput. Diantaranya, Pelaksana Kadis Kebersihan dan Pertamanan Taput, Jhony Manalu yang merupakan ipar kandung Toluto.

Para pejabat lain yang hadir yakni, Kepala Dinas PMD, BP Siahaan, Kadis Pertanian Jhon Harlen Marbun, Kepala BKD Jamilin Purba, Kadis Kehutanan Alboin Siregar, Kakan Pertambangan dan Energi Alkari Purba, Kakan Kesbang Hendrik Surbakti, Kadis PU Anggiat Pasaribu, Kadis Kimbangwil Tongam Hutabarat, Kakan Pemuda dan Olahraga PPP Lumbantobing, Kabag Tapem Heber Tambunan, Kabag Kesra Maju Tampubolon, Kakan Satpol PP, Rudi Sitorus, Camat Siborongborong Marojahan Hutasoit, dan sejumlah camat lainnya.

Sementara itu, hadir jugasejumlah kepala sekolah (kepsek) mulai dari SD hingga SMA. Diantaranya, Kepsek SMP Negeri 1 Siborongborong, J Nababan, dan Kepsek SMA Negeri 2 Siborongboron,g Tumbur Hutasoit. Bahkan tampak hadir kalangan dari kepala desa (kades) dan guru.

Saat wartawan berupaya mengambil foto dokumentasi, banyak para pejabat Pemkab Taput dan guru-guru yang berupaya menghindar. Sebahagian PNS yang duduk di tribun Stadion Serbaguna malah ada yang bersembunyi dan menutup wajah dengan kertas.

Pasangan Saurma saat tiba di lapangan, didampingi oleh Toluto. Pada kesempatan itu, Toluto melantik FL Fernando Simanjuntak sebagai Ketua Tim Sukses (TS) Saurma.

Salah satu PNS guru yang tak bersedia disebut namanya, mengaku\ikut menghadiri deklarasi itu atas desakan kepsek tempatnya mengajar, dan tekanan dari Kepala UPT Pendidikan. “Sebenarnya saya tidak mau terlibat dalam acara ini, karena bersatus PNS. Tapi apa boleh buat, daripada dimutasikan terpaksa harus diikut,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, Ketua Panwaslu Pilkada Taput, Eduard Lumbantobing, saat dihubungi melalui ponselnya, mengatakan pihaknya akan segera menyurati Bupati Taput terkait kehadiran PNS pada acara tersebut.

“Sesuai Undang – Undang (UU) Nomor 32 Tahun 2004, PNS dilarang terlibat politik. Jadi, kita akan segera surati Bupati Taput atas hadirnya PNS pada deklarasi salah satu pasangan balon,” paparnya.

Pemerhati Politik Taput Waldemar Sihombing menilai, ini menunjukkan PNS di Taput kurang memahami tupoksinnya sebagai aparatur pemerintahan, yang seharusnya mencerminkan UU dengan tidak terlibat mendukung salah satu calon bupati. Menurutnya, PNS itu harus independen sesuai dengan UU Nomor 32 Tahun 2004.

Sekedar untuk diketahui, sebelumnya Bupati Toluto memecat lima orang PNS pada tahun 2012 dengan alasan terlibat politik. Kelima PNS itu masing-masing Sofian Simanjuntak, Alpha Simanjuntak, Longgam Panggabean, Joksen Sijabat dan Junielda Pakpahan. (Dompak)

Tentang Penulis

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>