Published On: Thu, Aug 15th, 2013

Pembacaan Harta Kekayaan Cabup dan Cawabup Mengundang Tawa

Share This
Tags
Ketujuh Pasangan Calon Bupati bersama Uspida Taput

Ketujuh Pasangan Calon Bupati bersama Uspida Taput

Tapu tsimantab.com – Ada kesan lucu saat pembacaan laporan kekayaan sementara tujuh pasangan Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Senin (12/08/2013).

Saat pembacaayan laporan harta kekayaan masing-masing pasangan yang dimulai dari pasangan nomor urut 1 hingga 7, sepertinya terdengar tidak ada yang tepat dan jelas dibacakan oleh beberapa cabup maupun cawabup, mengenai jumlah angka harta kekayaan dengan uraian butir-butir pelaporan masing-masing harta kekayaan.

Bahkan akibat dari adanya kesalahan membaca laporan hasil harta kekayaan walau belum mendapat jawaban benar atau tidak dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),para pengunjung yang hadir dalam rapat pleno penetapan dan pencabutan nomor itu sontak bersorak, seperti nada mencela.

Apakah ini karena disebabkan perasaan gugup, saat menghadapi khayalak ramai datang pada saat itu untuk menyaksikan penyampaikan laporan harta kekayaan para calon yang akan bertarung di Pilkada 2013. Ataukah kemungkinan, karena para pasangan calon kurang pede dalam menghadapi kumpulan masyarakat yang beraneka ragam karakter, logat, sikap, dan sifat.

Menyikapi adanya pasangan calon yang salah membaca butir-butir uraian pelaporan harta kekayaan, menjadi bahan tertawaan para pengunjung. Namun, sepertinya tidak adanya kalimat teguran dari KPUD Taput selaku penyelenggara pilkada.

Salah seorang tokoh masyarakat Kecamatan Siborong-borong, Kabupaten Taput Utara, bernarga Munthe yang hadir pada saat itu, menyayangkan hal tersebut. Menurutnya, KPUD seharusnya tidak melanjutkan pasangan calon untuk meneruskan membacakan laporan harta kekayaannya, apabila sudah salah.
Dia menilai, adanya kesalahan memaparkan laporan harta kekayaan para pasangan tersebut dan menjadi bahan sorakan dan tertawaan pengunjung, maka akan mencoreng citra Kabupaten Taput ke daerah lainnya di Indonesia.

“Kita berharap, kedepannya agar kejadian-kejadian seperti ini supaya jangan terulang kembali. Marilah sama-sama saling memperbaiki dan membenahi kekurangan yang ada di daerah ini. Kejadian seperti itu cukup kali ini saja,” tandasnya. (pembela butar)

Tentang Penulis

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>