Published On: Tue, Aug 20th, 2013

Ketua KPUD Taput : Bukti Gugatan Pasangan Tapian Tak Kuat

Share This
Tags
 Ketua KPUD Taput Lamtagon Manalu, ketiga dari kiri, ketika berbincang bersama Pinondang Simanjuntak, kedua dari kanan.


Ketua KPUD Taput Lamtagon Manalu, ketiga dari kiri, ketika berbincang bersama Pinondang Simanjuntak, kedua dari kanan.

Jakarta simantab.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tapanuli Utara meyakini bahwa bukti gugatan pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Tapanuli Utara, Pinondang Simanjuntak-Ampuan Situmeang (Tapian) tidak cukup kuat.

Hal itu diungkapkan Ketua KPUD Taput Lamtagon Manalu kepada Simantab, usai sidang perdana gugatan pasangan Tapian yang tidak terima dengan hasil verifikasi administrasi dan faktual yang dilakukan KPUD Taput, di gedung Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Jakarta, Senin (19/08/2013).

“Menurut kami laporan yang diadukan itu tidak berdasar dan kami sudah melakukan sesuai ketentuan peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2012,” ujar Lamtagon.

Meski begitu, kata Lamtagon, pihaknya tetap menghargai hak-hak warga negara untuk mencari keadilan, dalam hal ini mengajukan gugatan ke DKPP. Maka dari itu pihaknya akan memberikan tanggapan terhadap tuduhan yang disampaikan pihak pasangan Tapian tersebut. “Kami akan membuat jawaban secara tertulis terkait pengaduan mereka,” tegasnya.

Ia juga menuturkan bahwa partai-partai yang diklaim pendukung pasangan Tapian seperti Partai PPIB, Barnas, PPRN, dan Partai Buruh, ternyata sudah lebih awal mendukungan bakal pasangan calon lainnya dan sudah mendaftar ke KPUD Taput terlebih dulu.

“Berdasarkan ketentuan yang berlaku dan penyusuran kami dukungan partai-partai itu bukan kepada mereka, melainkan kepada pasangan calon lainnya yang sudah mendaftar lebih dulu,” ungkap Ketua KPUD Taput itu.

Selain itu, ditambahkannya, “Di peraturan KPU itu diatur, bakal pasangan calon yang sudah mendaftar dengan partai pengdukung yang sama, yang sah adalah pendaftar yang pertama.”

Pada kesempatan itu, Lamtagon juga merasa perlu menyampaikan bahwa pihaknya belum mendapatkan informasi adanya laporan dari bakal pasangan calon manapun yang disampaikan ke Panitia Pengawas Pemilu (Panwas). “Jadi belum ada laporan itu,” imbuhnya.

Dia juga menegaskan bahwa partai-partai yang diklaim pasangan Tapian dimaksud, sudah sah dan memenuhi syarat memberikan dukungannya kepada pasangan calon yang lain. Bahkan Lamtagon membantah keterangan pihak pasangan Tapian yang menyatakan bahwa ada bakal calon pasangan lain yang diusung oleh pengurus partai yang sudah menjadi caleg partai lain, sehingga tidak sah memenuhi syarat dukungan partai. “Nah tidak ada keterangan seperti itu,” tandasnya.

Tuduhan kuasa hukum pasangan calon Tapian yang menyatakan bahwa teradu (KPUD Taput), diduga tidak profesional dan akuntabilitas dalam melakukan verifikasi administrasi dan faktual sehingga meloloskan pasangan calon Banjir Simanjuntak-Maruhum Situmeang yang dinyatakan memenuhi syarat lolos Partai PIS, meskipun Ketua DPC Partai PIS Taput Jasa Sitompul telah pindah partai. “Tidak demikian adanya,” bantah Lamtagon.

Menurut keterangan Lamtagon bahwa Jasa Sitompul, sudah diganti. Sedangkan tuduhan lainnya yang menyebutkan nama Ronald Simanjuntak, tidak relevan. Karena Ronal Simanjuntak sudah bukan lagi Ketua DPC Kabupaten Taput Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB).

“Ronald Simanjuntak itu sudah bukan lagi pengurus partai tersebut. Pergantian kepengurusan itu sudah melalui mekanisme partai tersebut. Dan hal itu sudah diberitahukan ke pihak kami secara resmi,” pungkasnya.

Sementara itu, kuasa hukum pasangan Tapian menyampaikan sebanyak 23 nota keberatannya atas hasil verifikasi administrasi dan faktual yang dilakukan KPUD Taput. Salah satunya adalah menyatakan KPUD Taput tidak bertindak profesional dan akuntabilitas karena meloloskan dukungan partai PIS kepada pasangan calon Banjir Simanjuntak-Maruhum Situmeang.

Padahal, menurut keterangan kuasa hukum Tapian Kores Tambunan Cs, Ketua DPC Partai PIS Taput Jasa Sitompul telah pindah partai, sehingga tidak layak untuk diloloskan.

Dalam sidang yang dipimpin oleh Hakim Ketua Saut Hamonangan Sirait, DKPP akan menggelar sidang lanjutan pada hari Senin (26/08), waktu tentatif, dengan agenda mendengarkan tanggapan KPUD Taput terhadap keterangan dari pihak penggugat.(edo)

Tentang Penulis

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>