Published On: Wed, Aug 21st, 2013

Diduga Asal Jadi,Proyek Pengaspalan Rutin Dinas PU Diminta Diperiksa

Share This
Tags
Pengaspalan jalan Deblot Sundoro yang terkesan asal jadi

Pengaspalan jalan Deblot Sundoro yang terkesan asal jadi

Tebingtinggi simantab.com – Pasca temuan proyek pengaspalan jalan di beberapa daerah yang disubsidi dari dana rutin Tahun 2013 milik Dinas Pekerjaan Umum Kota (PUK) Tebingtinggi yang terkesan asal jadi dan dipaksakan untuk dikerjakan mendapat tanggapan keras dari elemen masyarakat untuk diperiksa aparat hukum.

Bahkan warga meminta agar proyek dana rutin yang setiap tahunnya dikelola oleh oknum pegawai di dinas tersebut (Jammah Hasibuan-red ) segera diaudit lembaga indenpen. Hal itu untuk menjawab dugaan terjadinya korupsi atas pengerjaan jalan tersebut, walaupun sering dijumpai proyek terkesan asal jadi dan kurang memuaskan masyarakat penguna jalan. Hal itu ditegaskan Ricard Harry Mukti dan Omryn Silalahi, Selasa (20/08/2013).

Anehnya lagi, kata Ricard, ketua LSM Pijar Keadilan kota Tebingtinggi, menambahkan, proyek rutin itu terkesan berpoya-poya ditengah jeritan masyarakat miskin.

Sebab, jalan yang masih bagus dilakukan perbaikan, sedangkan jalan rusak tidak tersentuh pembangunan. Hal ini terlihat jelas pada jalan Pulau Samosir dan jalan Lubuk Sikaping yang telah bertahun-tahun rusak dan berlubang malah tidak diperbaiki. Sedangkan jalan di Deblot Sundoro, jalan P.Sumatera yang baru di tahun 2010 telah dilakukan pengaspalan malah diaspal ulang dengan batu kerikil berserakan dibadan jalan sehingga mutunya layak diragukan, padahal telah ada contoh yang ditetapkan pihak Kejaksaan dengan menangkap pimpro, Muharman Rege untuk menjalani pembinaan di sel Lapas Tebingtinggi.

“Agar tidak ada lagi korban dari aparat hukum buat pegawai negeri, sebaiknya penggelola anggaran dana rutin diperiksa ulang untuk menciptakan proyek yang berkwalitas sesuai harapan masyarakat, apalagi penegakan hukum,” ujar Harry dan Omryn.

Omryn membeberkan, diantaranya contoh proyek pemeliharaan berkala yang dikerjakan oleh CV Facta Utama dengan nilai kontrak Rp 141.620.000.00 dengan mengaspal jalan Deblot Sundoro telah menyelesaikan tugas dengan melakukan pengaspalan badan jalan disejumlah titik, namun dominan aspal yang digunakan dominan masih menimbulkan batu krikil dibadan jalan.(*)
Ketika hal ini dicoba hendak dikonfirmasi kepada Jammah Hasibuan selaku penggelola dana rutin tidak berada di kantornya.(fhery)

Tentang Penulis

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>