Published On: Thu, Aug 22nd, 2013

Sidang Gugatan KPUD Taput,Persiapan KPUD Taput Kurang, Sidang Kedua Dilanjutkan

Share This
Tags

ilustrasi

ilustrasi


Jakarta simantab.com – Gugatan bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) Tahun 2013, Pinondang Simanjuntak-Ampuan Situmeang (Tapian), pada Senin (19/08/2013), di ruang sidang Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), berlangsung singkat.

Pasalnya, pihak teradu yakni Ketua KPUD Taput dan komisioner lainnya, belum punya persiapan apa-apa. Padahal, pihak KPUD Taput sudah menerima surat panggilan sidang tersebut, pada Jumat (16/08/2013) lalu.

“Tetapi, biasanya kalau etikanya orang yang lebih tua tidak lelah, enggak boleh orang muda bilang lelah,” kata Hakim Majelis, yang diketuai Saut Sirait, dalam persidangan.

Dalam persidangan tersebut, pihak pengadu mengungkapkan pokok-pokok aduannya secara jelas dan terperinci. Sayangnya, pihak teradu tidak sepatah kata pun dapat mengklarifikasi atau memberikan tanggapan apapun, sehingga persidangan berjalan sangat singkat.

Meski persidangan singkat, namun Hakim Majelis mengingatkan pihak teradu agar memahami pokok-pokok aduan yang dimaksudkan oleh pihak pengadu. “Tapi paling tidak, pihak teradu bisa menangkap apa yang dimaksudkan pihak pengadu,” kata Saut Sirait, mengingatkan.

Menurut Saut Sirait, semua aduan yang disampaikan oleh pihak pengadu bisa saja berpengaruh bagi KPUD Taput ke depannya. Terutama sekali apabila semua aduan tersebut akan terbukti.

“Soalnya berat kalau dugaan ini sampai terbukti. Paling tidak, atas nama prosedur pun saudara telah disebut menggugurkan pasangan calon yang mengakibatkan hak konstitusional (pasangan Tapian) dilarang,” jelasnya.

Ditambahkannya lagi, kalau memang dalam kesempatan ini saudara (pihak Teradu) tidak bisa menyampaikan beberapa hal atau memang mesti membutuhkan waktu, kami (DKPP) tetap harus adil. “Karena saudara (KPUD Taput) yang teradu. Jadi prioritasnya kepada teradu,” tandasnya.

Sementara itu bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Taput menyatakan harapannya untuk mendapat keadilan dalam penyelenggaraan Pemilukada Taput. “Pesan kami hanya satu, mohon kepada yang terhormat Yang Mulia, kami memperoleh suatu keadilan,” ujar Pinondang Simanjuntak, singkat.

Pada kesempatan itu, kuasa hukum pihak Pengadu yakni Kores Tambunan Cs, menyampaikan pokok-pokok aduannya sebanyak 19 lembar, yang disertai data dan dokumen-dokumen pendukung lainnya. Bahkan pihak pengadu sudah mempersiapkan sebanyak sembilan orang saksi. “Secara lengkap laporan pengaduan sudah kami susun di dalam laporan ini,” tegas Kores Tambunan.
Kemudian, sidang kedua akan dilanjutkan pada Senin (26/08/2013), dengan waktu tentatif, untuk mendengarkan tanggapan dari pihak teradu.(edo)

Tentang Penulis

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>